logo
Ragam Lainnya | Detail

Jenis Senam Ketangkasan Tanpa Alat yang Wajib Diketahui, Ini Dia Penjelasannya

Tim Sportstars
Jum'at, 11 November 2022, 19:50 WIB
Jenis Senam Ketangkasan Tanpa Alat yang Wajib Diketahui, Ini Dia Penjelasannya
Gerakan kayang masuk dalam bagian dari senam ketangkasan yang bisa dilakukan tanpa menggunakan alat (Foto: SehatQ.com)

JAKARTA - Berikut adalah jenis senam ketangkasan yang wajib diketahui. Senam ketangkasan merupakan salah satu jenis senam yang mana dalam prakteknya dapat dilakukan dengan menggunakan alat maupun tanpa alat. 

Senam ketangkasan biasa disebut dengan senam artistik karena bentuk gerakan yang mempunyai aturan yang sesuai. Senam ini memiliki tujuan untuk menambah daya tahan tubuh serta menjaga tubuh dengan bentuk latihan fisik. 

Dengan melakukan senam ini dapat membuat tubuh menjadi sehat, ideal, dan kelenturan tubuh pun dapat tetap terjaga. Senam ketangkasan pun juga diperlombakan.

Faktor penilaian perlombaan senam ini adalah ketika melakukan gerakan, ketepatan, keindahan, juga keseimbangan ketika sikap akhir. Senam ketangkasan dapat dilakukan dengan beberapa metode, antara lain adalah metode palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, kuda pelana, dan gelang-gelang.

Senam ketangkasan memiliki beberapa manfaat, antara lain meningkatkan kebugaran tubuh, mengencangkan otot, mengindahkan postur tubuh, dan masih banyak lagi manfaat-manfaat dari melakukan senam ketangkasan.

Berdasarkan pembahasan di atas, senam ketangkasan dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu menggunakan alat dan tanpa alat. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang jenis senam ketangkasan tanpa alat.

Berdasarkan beberapa sumber, (Kamis, 10/11/2022) tim Sportstars.id berhasil merangkum jenis senam ketangkasan tanpa alat yang harus kita ketahui bersama-sama. Berikut adalah jenis senam ketangkasan tanpa alat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Meroda 

Meroda  merupakan bagian dari gerakan berguling ke samping seperti roda. Gerakan ini biasa dilakukan dengan tumpuan kaki dan tangan secara bergantian.

2. Guling Lenting

Guling lenting merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan melentingkan badan ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Gerakan ini diawali dengan gerakan guling ke depan atau gerak mengayun guling ke belakang sebelumnya.

3. Sikap Kayang

Sikap kayang merupakan gerakan senam lantai yang dilakukan dengan memposisikan kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik, lalu meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas.

4. Lompat Harimau

Lompat harimau adalah salah satu gerakan senam lantai yang merupakan pengembangan dari gerakan salto. Gerakan ini menyerupai gerak guling depan, tetapi gerakan ini dilakukan dengan berawal melompat jauh ke depan.

Seperti itulah jenis senam ketangkasan tanpa alat yang berhasil kami uraikan. Selamat berlatih! (Rizke Robiatul Alawiah)
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1807 seconds [13]