Bola Lainnya | Detail

Jenis Pelanggaran dan Sanksi Dalam Permainan Futsal

Sulthan Muafa
Kamis, 23 Juni 2022, 20:05 WIB
Jenis Pelanggaran dan Sanksi Dalam Permainan Futsal
Para pemain futsal harus mengetahui jenis pelanggaran dan sanksi futsal yang berlaku bagi pemain di lapangan. (FFI)

JAKARTA-Pemain futsal wajib ketahui jenis pelanggaran dan sanksi futsal yang berlaku di lapangan. Sanksi pada pertandingan futsal umumnya berupa tendangan bebas langsung, tendangan bebas tidak langsung, tendangan penalti, diberi peringatan, dan dikeluarkan dari lapangan.

Berbagai cabang olahraga tentu memiliki kategori pelanggaran dan sanksi yang diberlakukan, begitupun juga futsal. Sehingga pemain tidak bisa berlaku curang maupun ugal-ugalan di dalam lapangan.

Kali ini Sportstars akan merangkum sederet jenis pelanggaran dan sanksi pada futsal, berikut ulasannya:

Jenis Pelanggaran dan Sanksi Futsal

5. Tendangan Bebas Langsung

Tendangan bebas langsung salah satu jenis dari sanksi dari wasit bagi pemain dari skuadnya yang telah melanggar aturan, berlaku saat laga berlangsung. 

Tendangan bebas langsung ini diberikan wasit kepada pihak lawan. Tendangan bebas oleh tim lawan dilakukan dari tempat pelanggaran itu terjadi dan sesuai dengan ketentuan mengenai posisi tendangan bebas.

Berikut pelanggaran yang nantinya diberikan tendangan bebas diantaranya:

  • Mendorong secara sengaja kepada pemain dari kubu lawan
  • Memegang bola dengan sengaja. Tak berlaku penjaga gawang di daerah pinaltinya sendiri.
  • Bertindak secara kasar di area fisik memukul ataupun berusaha menendang pemain dari tim lawan
  • Mendorong secara sengaja kepada pemain dari tim lawan
  • Melakukan penekelan terhadap pemain tim lawan
  • Mencoba menahan, memegang, dan menarik sehingga mengganggu pemain dari tim lawan

4. Tendangan Bebas Tidak Langsung

Tendangan bebas secara tidak langsung diberikan kalau misalnya ada tim lawan  terjadi kesalahan baik itu dari sang kiper maupun pemain. 

Berikut sederet sanksi dari tendangan bebas tidak langsung akibat terjadi pelanggaran atau kesalahan bagi pemain, diantaranya, ada:

  • Melakukan tindakan menendang atau memukul pemain dari pihak lawan secara berlebihan dengan sekuat tenaga. Hal ini tergolong dalam pelanggaran keras dan dikenakan yang berlaku
  • Pemain secara langsung menggunakan tangan disengaja ataupun tidak ketika berusaha mengontrol bola
  • Untuk kiper dalam mengontrol bola memakai kaki atau tangan harus memakan waktu sekitar empat detik tidak lebih.

3. Tendangan Penalti

Pada bagian ini akan berlaku jika pemain melakukan kesalahan di area dalam pinalti. Untuk pelanggaran dan kesalahan hampir serupa dengan tendangan langsung maupun tidak langsung.

Untuk sanksi dari tendangan pinalti ini harus terlibat dalam ketentuan yang berlaku pada permainan futsal. Tak lupa Wasit pun juga terlibat dan memberi keputusan jika penalti itu terjadi

2. Kesalahan Terhadap Pemain

Sebagai pemain dari tim futsal harus paham dalam situasi aturan yang berlaku bahkan mengetahui cara dari teknik dari dasar permainan tersebut sehingga hal ini tidak berujung kesalahan maupun pelanggaran.

Oleh karena itu pemain pun seharusnya jangan sampai melakukan tindakan kesalahan maka jika itu terjadi wasit tak akan segan untuk mengasih tendangan bebas tidak langsung kepada tim lawan

Berikut sederet sanksi jika terjadi oleh kesalahan terhadap pemain yang diperbuat 

  • Pemain bermain menggunakan cara yang berbahaya (membahayakan pemain - lain)
  • Mengganggu  pergerakan dari pemain tim lawan dengan cara di sengaja.
  • Mengganggu penjaga gawang melepaskan bola dari tangannya.

1. Kesalahan Terhadap Kiper

Terakhir pada bagian ini bukan hanya pemain saja yang melakukan sebuah pelanggaran melainkan ada sang penjaga gawang. Tentu dibalik tugasnya menjaga mistar gawang bukanlah perkara mudah

Bahkan terkadang rela melakukan pelanggaran hanya untuk melindungi mistar gawang dari sepakan dari tim lawan. Berikut yang dianggap pelanggaran bagi kiper di antaranya; 

  • Pada saat backpass, penjaga gawang memegang atau mengontrol bola menggunakan tangan. Backpass diartikan sebagai pengembalian bola oleh pemain dengan sengaja diberikan ke arah belakang kepada penjaga gawang.
  • Menguasai bola menggunakan tangan ataupun kaki pada kiper tidak boleh lebih dari 4 detik.
  • Menyentuh maupun mengontrol bola dengan menggunakan tangan ketika menerima bola secara langsung dari rekan satu tim pada saat dilakukan tendangan ke dalam.
  • Menerima bola kembali dari rekan satu tim menggunakan tangan atau kaki setelah bola sudah dilepaskan ke depan dari tangannya dan belum ke arah melewati garis di tengah lapangan maupun sebelum mengenai dan dimainkan pemain dari tim lawan.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1385 seconds [13]