Hobi | Detail

Jenis-Jenis Sepeda Balap, Termahal Sampai Sentuh Rp70 Juta

Rivan Nasri Rachman
Rabu, 19 Mei 2021, 13:08 WIB
Jenis-Jenis Sepeda Balap, Termahal Sampai Sentuh Rp70 Juta
Sepeda balap memiliki beberapa jenis. (Infografis: Maspuq)

DEMAM sepeda sampai saat ini masih berlangsung di Indonesia. Namun puncaknya mungkin terjadi ketika awal-awal pandemi Covid-19. Kala itu banyak orang memilih sepeda untuk melakukan olahraga.

Jenis sepeda yang dipakai pun berbagai macam, ada sepeda lipat atau biasa disebut seli, sepeda gunung, BMX, dan termasuk sepeda balap. Menariknya, sepeda balap pun ternyata memiliki jenis-jenis yang berbeda dengan varian harga yang pastinya juga bervariasi.

Tapi tahukah Anda sepeda balap atau yang bisa juga disebut road bike itu biasanya tak semua cocok untuk digunakan balapan? Sebab seperti sebutannya, yakni road bike, sepeda itu sebenarnya lebih banyak yang memang khusus digunakan di jalan biasa.

Lantas mengapa bisa road bike pada akhirnya sering disebut sepeda balap? Menurut laporan dari Sepeda.me, sepeda road bike identik dengan kemampuannya yang melaju sangat cepat.

Itu semua tentu tak lepas dari penampilan sepeda yang ramping, setang melengkung ke bawah, roda tipis, dan ban yang kurus, dan tentunya multi gear/speed. Karena itu semualah road bike pada akhirnya sering disebut sepeda balap.

Seiring berjalannya waktu, sepeda balap pun memiliki jenis-jenis yang berbeda. Biasanya perbedaan itu bisa dilihat dari bentuk frame, bahan yang dipakai, roda gigi yang digunakan, sampai ukuran ban.

Meski ada banyak jenisnya, sepeda balap umumnya terbagi menjadi 12 jenis. Kira-kira apa saja jenis tersebut?

Berikut Jenis-Jenis Sepeda Balap, Mengutip dari sepeda.me:

1. Sepeda Balap Performance

Sepeda Balap Performance. (Foto: sepeda.me)

Jenis pertama dan yang paling umum adalah sepeda balap performance. Jenis sepeda balap ini biasanya memiliki bentuk yang ramping dan dibuat seringan mungkin. Sesuai namanya, sepeda ini pun dibuat untuk melaju cepat.

2. Sepeda Balap Gravel

Sepeda Balap Gravel. (Foto: Sepeda.me)

Sepeda balap jenis gravel bisa dikatakan varian terbaru. Sepeda balap ini tak hanya andal di jalan biasa saja, namun jenis ini juga bisa dipakai di medan offroad. Jadi, sepeda balap gravel merupakan perpaduan sepeda sporty dan sepeda jenis cyclocross yang memiliki kemampuan hadapi medan offroad.

Biasanya sepeda balap gravel pun memiliki rem cakram dan rangka yang kukuh sehingga dapat menghadapi guncangan saat melewati offroad seperti tanah atau kerikil. Jika membahas kecepatan, sepeda balap gravel tentunya tak terlalu cepat dibandingkan jenis performance.

3. Sepeda Balap Endurance

Sepeda Balap Endurance. (Foto: sepeda.me)

Sepeda balap jenis endurance merupakan versi santai dari jenis performance. Dikatakan lebih santai karena memang dirancang untuk menghadapi perjalanan jauh dan tak terlalu mementingkan kecepatan. Jadi, kenyamanan menjadi prioritas dari jenis sepeda balap tersebut.

Frame sepeda balap endurance lantas dibuat lebih tegak dan tak kaku sehingga ada pengurangan di  aerodinamika sepeda yang tentunya mempengaruhi kecepatan sepeda.

4. Sepeda Balap Aero

Sepeda Balap Aero. (Foto: sepeda.me)

Sepeda balap aero memanfaatkan fitur aerodinamis secara maksimal. Tak heran jika jenis aero seperti disebut sepeda time trial karena kemampuannya dalam memaksimalkan kecepatan dari sepeda tersebut.

Frame yang digunakan sebenarnya sama seperti sepeda balap pada umumnya, hanya saja bentuk sepeda dibuat se-aerodinanis mungkin sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2096 seconds [13]