Hobi | Detail

Jenis Bola Futsal Pengaruhi Kualitas Permainan Atlet

MNC Media
Jum'at, 04 Juni 2021, 16:32 WIB
Jenis Bola Futsal Pengaruhi Kualitas Permainan Atlet
Bola futsal memengaruhi kualitas permainan atlet. (Foto:Orlando)

JENIS bola futsal sangat memengarungi kualitas permainan atlet. Hal itu dibenarkan Pelatih tim futsal Red Manguni, Sayan Karmadi. Menurut legendaris futsal Indonesia itu, jenis bola dapat memengaruhi kualitas permainan.

Coach Sayan menyebutkan, jenis lapangan harus diperhatikan dalam pemilihan bola. Di Indonesia, kebanyakan lapangan futsal terbuat bahan vinyl dan rumput sintetis. Menurutnya, tiap jenis lapangan itu membutuhkan bola berbeda agar performa permainan atlet maksimal.

"Setiap lapangan pasti berbeda karena dari pantulan dan juga kecepatan bola pasti akan berbeda dari setiap lapangan. Oleh karenya, jenis bola yang digunakan akan berbeda sesuai karakteristik lapangan," katanya.

Pernyataan Coach Sayan diamini Pelatih Young Rior, Azhar Rahman. Untuk itu, dalam setiap pertandingan Coach Azhar senantiasa berkomunikasi dengan penyelenggara untuk mendapatkan informasi terkait spesifikasi teknis lapangan. Pasalnya, tidak sedikit penyelenggara mengabaikan spesifikasi lapangan. Pemilihan bola sesuai karakter lapangan  mempengaruhi performa permainan.

"Sangat penting bagi kita seorang pelatih mengetahui tentang jenis bola yang akan dipakai saat latihan sebab akan berdampak pada saat pertandingan nanti. Seharusnya panitia atau penyelenggara pertandingan memastikan penggunaan bola saat pertandingan sudah sesuai dengan kondisi lapangan," tutur Coach Azhar.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5913 seconds [13]