F1 | Detail

Jenis Ban Lembut Lebih Ideal di F1 GP Azerbaijan

Muammar Yahya Herdana
Rabu, 02 Juni 2021, 17:45 WIB
Jenis Ban Lembut Lebih Ideal di F1 GP Azerbaijan
Berbagai jenis ban yang digunakan di Formula 1. (Foto: Pirelli)


BAKU – Sebagai pemasok ban utama di Formula 1 (F1), Pirelli telah mengumumkan jenis ban yang akan dipakai pada Grand Prix (GP) Azerbaijan 2021 akhir pekan ini. Pirelli menyebut tidak akan menggunakan ban keras untuk balapan yang digelar akhir pekan ini.

Tahun ini, para pembalap akan menggunakan ban dengan material paling lembut di antara jajaran Pirelli untuk F1. Ban yang akan dibawa Pirelli adalah ban C3 (keras), C4(sedang), dan C5 (lembut). Ban tersebut dikatakan memiliki material lebih lembut dibandingkan dengan ban yang digunakan pada GP Monaco.

Kepala Pirelli untuk F1, Mario Isola, mengatakan penggunaan ban bermaterial lembut bertujuan untuk menyelaraskan seluruh tipe ban yang mereka miliki. Di GP Azerbaijan 2019, ban bermaterial keras sama sekali tidak digunakan, karena dianggap kurang cocok bagi kondisi di sana.

"Alasan penggunaan (ban lunak) ini adalah karena ban keras tidak digunakan sama sekali di balapan Baku pada 2019, sedangkan medium (telah) digunakan secara luas. Dengan menyelaraskan kembali semua jenis ban, kami berharap untuk melihat ketiga senyawa memainkan peran penting dan mengarah ke beberapa strategi berbeda," ungkapnya dikutip dari situs resmi Formula 1 (2/6/2021).

Sedangkan Formula 2 (F2). Pirelli memutuskan untuk menggunakan ban berukuran 18 inci yang bergaris kuning dan ungu. Ini menjadi pertama kalinya ban bermaterial medium digunakan untuk F2 di musim ini. Ada perubahan (ban) dari segi campurannya, seperti yang terjadi pada putaran pembukaan di Bahrain.

"Ini menciptakan perbedaan yang lebih besar antara ban, dan sekali lagi mengarah pada beberapa balapan dan taktik yang menghibur, di sirkuit yang menantang yang terkenal sebagai tempat di mana apa pun bisa terjadi," tambah Isola.

Sebelumnya, Ferrari telah menguji ban F1 18 inchi yang akan digunakan pada 2022, dengan dua hari pengujian ban basah di Paul Ricard (sirkuit di Prancis) pekan lalu. Charles Leclerc dan Carlos Sainz menguji campuran sedang ban berukuran 18 inci di pagi hari dan kemudian beralih ke ban basah pada 25-26 Mei yang lalu.

Mercedes pada awalnya akan menjadi tim yang akan menguji coba ban tersebut. Namun pada akhirnya, Ferrari menggantikan Mercedes sebagai tim yang melakukan tes tersebut.

 
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1581 seconds [12]