MotoGP | Detail

Jelang MotoGP 2022, Valentino Rossi Sebut Yamaha Belum Mampu Perbaiki Masalah

Muammar Yahya Herdana
Jum'at, 14 Januari 2022, 12:30 WIB
Jelang MotoGP 2022, Valentino Rossi Sebut Yamaha Belum Mampu Perbaiki Masalah
Valentino Rossi melaju saat masih menukangi Yamaha di MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo (Foto: Reuters/Pablo Morano)

LESMO – Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi mengatakan sampai dengan saat ini Yamaha masih belum mengatasi masalah yang ada pada motornya. Terlebih saat ini mereka sedang melakukan persiapan untuk MotoGP 2022.

Yamaha dengan motor M1 miliknya memang kesulitan untuk bersaing dengan beberapa pabrikan papan atas lainnya. Motor tersebut dianggap kurang cepat sehingga sering tertinggal apabila bersaing di trek lurus.

Yamaha memutuskan untuk melakukan perombakan besar dengan mengubah sistem ECU dengan Magneti Marelli. Rossi pun merasa keputusan tersebut menjadi penyebab utama Yamaha kesulitan dalam bersaung

Dengan masalah tersebut, Rossi harus mengalami beberapa musim yang buruk sebelum dirinya memutuskan pensiun dari dunia MotoGP. Juara dunia sembilan kali tersebut menyebut bahwa Yamaha belum mampu mengatasi masalah pada motornya.

Rossi memang harus kesulitan di musim-musim terakhirnya untuk bersaing di MotoGP. Keputusannya untuk pensiun di akhir musim 2021 pun dianggap sebagai keputusan tepat yang diambil oleh pembalap Italia tersebut.

“Bagi Yamaha perubahan itu adalah masalah besar dan saya pikir itu yang paling terpengaruh,” ungkap Rossi dilansir dari Tuttomotoriweb, Kamis (13/1/2022).

Rossi merasa bahwa motor Yamaha lebih mudah untuk dikendarai ketika memakai ECU. Pembalap berusia 42 tahun itu pun merasa keputusan Yamaha untuk beralih ke Magneti Marelli adalah langkah mundur.

“Dengan menggunakan ECU Yamaha, motor memiliki keseimbangan yang bagus dan bekerja dengan sangat baik. Perpindahan ke Magneti Marelli merupakan langkah mundur yang besar dan motor tidak lagi mudah dikendarai,” pungkasnya.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1299 seconds [12]