Basket | Detail

Jelang FIBA Asia Cup 2022, Menpora Tekankan Timnas Basket Indonesia Wajib Menang

Basudiwa Supraja
Jum'at, 24 Juni 2022, 08:31 WIB
Jelang FIBA Asia Cup 2022, Menpora Tekankan Timnas Basket Indonesia Wajib Menang
Timnas Basket Indonesia dituntut juara di FIBA Asia Cup 2022 (Foto: Instagram)

JAKARTA - Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Bola Basket FIBA Asia Cup 2022. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mewajibkan kepada Timnas Basket Indonesia untuk menang pada ajang bergengsi level Asia tersebut.

Permintaan itu tidak lain berkaca dari keberhasilan Timnas Basket Indonesia menjadi juara di SEA Games 2021 lalu. Oleh sebab itu, Skuad Basket Garua diyakini berpotensi untuk kembali mendulang rekor di FIBA Asia Cup 2022.

Alasan lainnya mengapa Timnas Basket Indonesia harus juara adalah karena itu menjadi syarat Tim Merah Putih tampil di FIBA World Cup 2023. Pasalnya, Indonesia kembali menjadi tuan rumah di ajang kompetis basket paling bergengsi itu. 

“Pesannya sih sederhana, mereka harus menang. Sebab, kalau tidak menang, (timnas) nggak main di FIBA World Cup. Kita hanya sebagai penyelenggara (tuna rumah), kan menyedihkan,” ujar Zainudin Amali, dikutip dari Kemenpora, Jumat (24/6/2022).

Timnas Basket Indonesia semakin dipercaya berpeluang juara di FIBA Asia Cup 2022 setelah melihat hasil uji coba di Australia. Tim asuhan Milos Pejic itu sukses mendulang lima kemenangan dan tiga kekalahan dari delapan laga yang dilakoni.

Seperti yang diketahui, FIBA Asia Cup 2022 nantinya akan dimulai pada 12-14 Juli mendatang. Ini merupakan kali kedua Indonesia mengemban jabatan sebagai tuan rumah setelah 1993 silam. 

Status tersebut diharapkan mampu membuka peluang Timnas Basket Indonesia menjadi juara kali ini. Sejak digelar pada 1960 silam, Tim Merah Putih tercatat belum pernah berhasil lolos sebagai juara.

Adapun perolehan terbaik Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup hanya di posisi keempat pada edisi 1967. Sedangkan Filipina menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang berhasil menjadi juara di FIBA Asia Cup lima kali sejak pertama kali digelar pada 1960 silam.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1439 seconds [13]