Tim Nasional | Detail

Jelang Brasil Vs Uruguay, Tite Kesulitan Pilih Starting 11

Hasyim Ashari
Jum'at, 15 Oktober 2021, 02:01 WIB
Jelang Brasil Vs Uruguay, Tite Kesulitan Pilih <i>Starting</i> 11
Timnas Brasil menggelar latihan terakhir jelang laga kontra Uruguay di Manaus (Foto: Twitter/@CBF_Futebol)

MANAUS - Pelatih Timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi, kesulitan menentukan susunan 11 awal untuk menghadapi Timnas Uruguay pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, Jumat (16/10/2021) pagi WIB. Pria yang akrab disapa Tite itu membuka kemungkinan untuk menurunkan pemain yang berbeda di laga ini. 

Laga Timnas Brasil vs Timnas Uruguay tersebut akan berlangsung di Stadion Arena Amazonas, Manaus. Hingga menjelang pertandingan ke-10 pada babak kualifikasi, Tim Samba berdiri kukuh di puncak klasemen dengan nilai 28. Neymar Jr dan kawan-kawan hanya butuh tujuh angka lagi untuk memastikan tempat di Piala Dunia 2022

Kondisi itu bisa dimanfaatkan oleh Tite untuk merotasi skuadnya. Dia ingin memberi kesempatan merumput bagi pemain-pemain yang belum pernah diturunkan. Karena keinginan itulah, sang pelatih kini tengah pusing memilih siapa yang layak bermain melawan La Celeste

"Di Piala Dunia sebelumnya saya tidak punya waktu untuk memberikan peluang kepada setiap pemain. Melakukan siklus perubahan tidak memungkinkan," tutur Tite seperti dikutip dari laman resmi Timnas Brasil, Jumat (15/10/2021). 

"Tetapi, tim memulai perjuangan kali ini dengan sangat baik. Hal tersebut yang memberikan peluang bagi setiap pemain, agar kita bisa terus maju dan melihat perkembangan mereka," imbuh pria asal Brasil itu. 

"Tim akan mengalami perubahan. Ini hanya soal perencanaan. Jadi, di masa depan pola seperti ini akan kembali dipakai untuk persiapan menuju Piala Dunia. Saya tahu apa yang harus dilakukan," tukas pria berusia 60 tahun tersebut. 

Di kubu Uruguay, Edinson Cavani dan kawan-kawan saat ini menghuni urutan empat dengan nilai 16. Posisi keempat di papan klasemen adalah batas terakhir untuk meraih tiket langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar dari zona Amerika Selatan. 

Dengan maksimal 21 poin pada tujuh pertandingan tersisa, anak asuh Oscar Tabarez paling banyak bakal meraup 37 angka. Karena itu, Brasil hanya butuh tiga kemenangan lagi untuk menjadi kesebelasan pertama dari CONMEBOL yang lolos ke Piala Dunia 2022. 

Jika berhasil melakukannya, Brasil akan mempertahankan tradisinya. Mereka adalah satu-satunya negara yang selalu ikut serta di ajang Piala Dunia sejak bergulir pertama kali pada 1930. 
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.5934 seconds [12]