Basket | Detail

Javeline Pass: Pengertian dan Cara Melakukannya

Johana Joy Artamira
Rabu, 15 Juni 2022, 01:23 WIB
Javeline Pass: Pengertian dan Cara Melakukannya
Teknik Javeline Pass sangat penting untuk dilakukan saat bermain basket. (FOTO: Reuters).

JAKARTAJaveline Pass, pengertian dan cara melakukannya dalam olahraga basket sangat penting dibahas. Karena basket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Sehingga teknik ini bisa menjadi kunci kemenangan.

Olahraga basket memiliki tujuan mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke keranjang lawan. Dalam basket, terdapat berbagai teknik yang digunakan. Salah satunya adalah Javeline Pass. Lantas, apakah yang dimaksud dengan Javeline Pass?

Javeline Pass: Pengertian dan Cara Melakukannya

Pengertian Javeline Pass

Diketahui dari berbagai sumber, javeline pass adalah salah satu teknik lemparan yang dilakukan dengan cepat dalam jarak yang jauh. Javeline pass dalam bola basket bertujuan untuk melakukan operan jauh dan cepat. 

Sehingga teknik ini sangat cocok untuk melakukan serangan balik. Berikut ini adalah cara melakukan javeline pass.

Cara Melakukan Javeline Pass

Langkah pertama dalam melakukan javeline pass adalah peganglah bola dengan satu tangan. Posisikanlah tangan dalam keadaan menghadap ke atas. Kemudian, badan dimiringkan sedikit guna membantu dalam mengoptimalkan kekuatan lemparan.

Perlu diingat bahwa apabila lemparan dilakukan dengan tangan kanan, maka kaki kiri berada di depan. Begitu pun sebaliknya. Lalu, arahkanlah pandangan ke target sasaran.

Langkah selanjutnya adalah lakukanlah lemparan dengan cara menarik tangan serta bola ke belakang kepala. Kemudian, lemparlah bola dengan mengayunkan tangan ke depan dan arahkan ke tujuan.

Nah, itulah tadi informasi tentang pengertian dan cara melakukan Javeline Pass. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1576 seconds [12]