logo
Ragam Lainnya | Detail

Jarak Awalan Yang Tepat Pada Lompat Jauh

Tim Sportstars
Senin, 07 November 2022, 19:02 WIB
Jarak Awalan Yang Tepat Pada Lompat Jauh
Lintasan Lompat Jauh (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Berikut adalah jarak awalan yang tepat pada lompat jauh. Lompat jauh sendiri merupakan salah satu nomor atletik yang dilombakan pada ajang Olimpiade. 

Lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat, mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Tujuan lompat jauh adalah mencapai jarak lompatan sejauh-jauhnya. Perhatian yang khusus pada hal-hal teknis ternyata memberikan keuntungan bagi atlet saat perlombaan. 

Faktor yang mempengaruhi lompat jauh maksimal antara lain panjang tungkai, daya ledak otot tungkai, kecepatan lari saat mengambil awalan, tolakan atau take off, sikap badan di udara dan mendarat. Selain itu, atlet juga harus memiliki ketepatan saat mendarat.

Kemudian kelincahan dan koordinasi gerakan juga harus dipakami dengan baik. Aspek tadi sangat diperlukan untuk melakukan gerakan lompat jauh. Sekadari diketahuim Olahraga lompat jauh berada di bawah naungan Asosiasi Federasi Atletik Internasional (IAAF). 

Oleh sebab itu, peraturan mengenai perlombaan lompat jauh resmi tingkat internasional sudah ditetapkan oleh IAAF. Salah satunya aturan atau regulasi yang telah ditetapkan IAAF adalah jarak awalan pada olahraga lompat jauh.

Berikut ini jarak awalan yang tepat pada lompat jauh: 

Jarak awalan yang ideal dalam lompat jauh adalah sekitar 40-50 meter. Pada umumnya, lintasan lari hingga papan lompatan atau papan tolak berjarak 40-45 meter dan lebar mencapai 1,22 meter. Seperti itulah pengertian lompat jauh dan juga jarak awalan yang tepat pada lompat jauh. (Yulita Anzani)

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1736 seconds [13]