Hobi | Detail

Jangan Sembarangan, Kenali Dua Jenis Peregangan Sebelum Olahraga

Saliki Dwi Saputra
Senin, 14 Juni 2021, 16:10 WIB
Jangan Sembarangan, Kenali Dua Jenis Peregangan Sebelum Olahraga

OLAHRAGA menjadi kegiatan paling mudah untuk menjaga kesehatan. Untuk memulainya seseorang diharuskan menjalani peregangan. Walau terkesan sepele, faktanya ritual ini tidak boleh dilewatkan oleh siapapun, entah itu atlet atau orang biasa.

Ada dua macam peregangan yang dikenal, yaitu peregangan statis dan dinamis. Peregangan statis dilakukan dengan menahan gerak dalam waktu tertentu dan mengulanginya. 

Sedangkan peregangan dinamis dilakukan dengan menggerakkan sendi secara berulang-ulang.Berikut lima manfaat peregangan sebelum olahraga yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Meningkatkan Fleksibilitas

Peregangan memberikan manfaat fleksibilitas bagi tubuh. Cara ini dapat memperkuat jaringan di sekitar sendi menjadi lebih kuat, tidak gampang lelah, tengang, sampai cedera ligamen. Peregangan dinamis juga sangat dibutuhkan untuk melatih otot sebelum menjalankan olahraga berat.

Mempertahankan Mobilitas

Peregangan mempertahankan rentang gerak, yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari seperti berjalan, membungkuk, dan memutar, serta untuk kegiatan atletik. Seiring bertambahnya usia, gerak tubuh seseorang cenderung lebih membungkuk, dan langkah berjalan mereka memendek, sehingga sangat penting untuk sering melakukan peregangan.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1365 seconds [12]