Balap Lainnya | Detail

Jadi Tuan Rumah MotoGP, Indonesia Buru Pembalap Lewat Asia Talent Cup 

Fitradian Dhimas Kurniawan
Kamis, 14 Oktober 2021, 15:12 WIB
Jadi Tuan Rumah MotoGP, Indonesia Buru Pembalap Lewat Asia Talent Cup 
Sirkuit Mandalika rencananya akan debut sebagai lintasan balap Internasional pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup 2021 pada 12-14 November 2021 (Foto: Asia Talent Cup)

MANDALIKA - Indonesia tidak hanya ingin menjadi tuan rumah MotoGP 2022. Menurut Kepala Operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dyan Dilato, pihaknya juga ingin memberikan sarana agar ada pembalap Indonesia yang ikut tampil di pentas MotoGP melalui acara Asia Talent Cup.

Sirkuit Mandalika rencananya akan debut sebagai lintasan balap Internasional pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup 2021 pada 12-14 November 2021. Seminggu kemudian, lintasan balap tersebut akan digunakan untuk ajang World Superbike (WSBK), tepatnya 19-21 November 2021.

Meski berstatuskan balapan junior, pihak MGPA ingin tetap mempromosikan Asia Talent Cup. Pasalnya, ajang balap tersebut dapat membuka jalan untuk menuju kancah MotoGP.

Santer diberitakan jika Sirkuit Mandalika juga akan menggelar MiniGP. Dyan pun berharap ada pembalap bertalenta yang muncul, sehingga dapat dikirimkan untuk balapan di Asia Talent Cup atau Red Bull Rookies Cup.

“Jadi ada WSBK dan WSSP600, tetapi yang Supersport 300 tidak masuk. Karena yang 300 hanya main di Eropa, sama seperti Red Bull Rookies Cup,” dalam keterangan yang diterima oleh MNC Portal Indonesia, Kamis (14/10/2021).

“Asia Talent Cup itu adalah jalan menuju MotoGP. Artinya, anak-anak itu dibuat balapan gratis, asal ada seleksi. Nah, seri di Indonesia ini digelar setelah seharusnya digelar di Buriram, Motegi. Phillip Island dan Sepang,”ujarnya.

“Namun, keempatnya batal gara-gara Covid. Mereka ikut di sini. Jadi, WSBK tanggal 21, dia tanggal 14 balapan. Kita mempromosikan Asia Talent Cup. Jadi balapan yang benar dan nanti kita akan mengadakan MiniGP. Bisa gratis,” tutur Dyan.

“Jika bagus dan juara ikut final di Valencia. kemudian emnuju Red Bull Rookies atau Asia Talent Cup, tinggal ditampung di Moto3. Kita enggak mau punya sirkuit bagus, tetapi tidak punya rider di grid,” ucapnya.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1796 seconds [12]