Tim Nasional | Detail

Jadi Provokator Kartu Merah Indonesia U-23, Jonathan Khemdee Minta Maaf

Rifqi Herjoko
Jum'at, 20 Mei 2022, 06:31 WIB
Jadi Provokator Kartu Merah Indonesia U-23, Jonathan Khemdee Minta Maaf
Jonathan Khemdee. (Foto: thairath)

NAM DINH – Pemain andalan Thailand U-23, Jonathan Khemdee, tampak menjadi provokator terhadap kartu merah penggawa Indonesia U-23 di semifinal SEA Games 2021. Terbaru, sang pemain telah meminta maaf terkait aksinya.

 Duel antara Indonesia U-23 vs Thailand U-23 digelar di Stadion Thien Truong, Vietnam pada Kamis (19/5/2022) pukul 16.00 WIB. Kedua tim pun tampil ngotot demi merebut tiket ke final ajang edisi kali ini.

 Aksi jual beli serangan sudah terjadi sejak menit awal laga. Sayang, pertandingan justru berjalan alot dan berakhir tanpa gol pada waktu normal. Laga pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

 Kedua tim terlihat meningkatkan intensitas serangan di babak tersebut. Akan tetapi, Thailand U-23 justru bisa memecah kebuntuan di menit ke-94 melalui tendangan dari Weerathep Pomphun. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Thailand U-23.

Akun IG Jonathan Khemdee di report (Foto: Instagram)

 Thailand U-23 pun tampak nyaman usai unggul sementara. Adapun salah satu pemain Thailand U-23 bernama Jonathan Khemdee menjadi sorotan karena aksinya memprovokasi lawan sepanjang laga. Aksinya itu semakin nyata terlihat di babak tambahan.

 Tampaknya, dia memang ditugaskan untuk memancing emosi para pemain Indonesia. Puncak konflik antar kedua tim pun terjadi di menit ke-120+3. Firza Andika mendapatkan kartu merah usai menjegal dengan keras pergerakan dari Patrik Gustavsson.

 Jonathan Khemdee justru bereaksi berlebihan pada momen tersebut. Hal itu mengakibatkan Irianto kesal hingga mendapatkan kartu kuning kedua. Tak cukup sampai di situ, Khemdee juga memprovokasi wasit agar Ricky Kambuaya juga diberikan kartu merah.

 Seusai laga, Khemdee pun terlihat meminta maaf melalui akun Instagram pribadinya. Unggahan itupun viral di kalangan publik Tanah Air. Mereka tentu kesal dengan tingkahnya.

 “Maaf untuk Indonesia,” tulis pria berusia 20 tahun itu sambil mengunggah foto pertarungan melawan Indonesia U-23, Jumat (20/5/2022).

Hal itu diyakini hanyalah sebuah strategi semata, mengingat Timnas Indonesia terkenal mudah terpancing emosi. Hal itu hendaknya menjadi PR dari Shin Tae-yong demi mewujudkan skuad yang semakin matang dari segi mental dan emosi.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1385 seconds [13]