Balap Lainnya | Detail

Jadi Bintang di Superbike, Bautista Tidak Rindu dengan MotoGP

Wikanto Arungbudoyo
Kamis, 15 April 2021, 11:36 WIB
Jadi Bintang di Superbike, Bautista Tidak Rindu dengan MotoGP
Alvaro Bautista (Foto: Twitter/@19Bautista)

ANDORRA – Tersingkir dari MotoGP tak lantas membuat Alvaro Bautista berkecil hati. Pembalap berpaspor Spanyol itu menemukan hidup barunya pada ajang World Superbike (WSBK) sejak 2019. Ia bahkan terang-terangan mengaku tidak rindu sama sekali dengan MotoGP.
 
Bakat Alvaro Bautista di dunia balap motor sudah terlihat sejak mengaspal pada kelas 125cc (Moto3) pada 2002-2006. Pembalap kelahiran Talavera de Reina itu sukses menggondol satu gelar juara dunia kelas 125cc pada 2006. 

Semusim berselang, Bautista promosi ke kelas 250cc (Moto2). Ia mampu mencatatkan delapan kemenangan dan 28 kali naik podium hingga musim 2009. Pada 2010, Alvaro Bautista memberanikan diri naik ke kelas premier (MotoGP). 

Akan tetapi, bakat seorang Alvaro Bautista seakan sia-sia saja di kelas MotoGP. Ia memang mampu bertahan hingga 2018, tetapi tidak ada prestasi spesial yang dicatatkan. Paling banter, Bautista hanya bisa tiga kali naik podium dari 158 kali start lomba. 

Sejak 2019, Alvaro Bautista hijrah ke ajang balapan WSBK. Debutnya bersama Aruba Racing Ducati pada WSBK 2019 cukup manis. Pembalap berusia 36 tahun itu sukses mengakhiri Kejuaraan Dunia Superbike 2019 sebagai runner-up di belakang Jonathan Rea. 

Prestasi itu membuatnya tak lagi rindu dengan MotoGP sekali pun lebih bergengsi dibandingkan WSBK. Alvaro Bautista merasa dirinya kini bagaikan bintang di kejuaraan dunia balap motor produksi massal tersebut.

 

“Sekarang, saya merasa bagaikan bintang. Apa yang saya kerjakan sama saja (dengan MotoGP), tetapi sekarang saya merasa seperti bintang,” papar Alvaro Bautista, dikutip dari Crash, Kamis (15/4/2021). 

“Tidak (rindu dengan MotoGP). Saya bisa rutin menang di sini (WSBK), jadi saya tidak rindu dengan MotoGP. Mungkin, saya hanya rindu dengan jumlah balapan yang lebih banyak,” imbuh pembalap yang terkenal dengan nomor 19 itu. 

Sejak 2020, Alvaro Bautista hengkang ke Honda Racing Corporation (HRC). Sayangnya, peruntungan Bautista bersama HRC tak membaik. Ia malah finis di urutan sembilan klasemen akhir Kejuaraan Dunia Superbike 2020. 
 

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2565 seconds [12]