Bola Lainnya | Detail

Istilah Power Play dalam Futsal, Berikut Strategi dan Penjelasannya

Wikku D. Nugroho
Kamis, 23 Juni 2022, 21:22 WIB
Istilah Power Play dalam Futsal, Berikut Strategi dan Penjelasannya
Dalam olahraga futsal terdapat strategi Power Play yang berarti total menyerang. (Foto: MNC Media)

JAKARTA–Buat yang hobi olahraga futsal, wajib tahu istilah Power Play dalam futsal. Karena futsal merupakan olahraga yang populer di masyarakat saat ini. Olahraga ini  hampir mirip dengan sepakbola. Namun permainan futsal hanya dimainkan 5 orang saja.

Pada awalnya, futsal dimainkan di luar ruangan, contoh lapangan basket dll. Namun seiring perkembangan jaman, kini futsal bisa dimainkan di dalam ruangan yang terdapat rumput sintetis.

Seperti sepakbola, futsal pun memiliki beberapa nama strategi permainan salah satunya adalah Power Play. Ingin tahu apa itu Power Play Dalam Futsal? Simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Power Play Dalam Futsal  

Apa itu power play? Power play adalah salah satu skema menyerang dalam sebuah permainan futsal. Power play digunakan ketika sebuah tim ingin mencetak gol di masa-masa waktu sudah hampir habis. 

Skema penerapan power play ini kiper dilibatkan dalam skema penyerangan sebuah tim. Dalam menjalankan strategi power play, sebuah tim tidak menggunakan seorang kiper dan gawang dibiarkan kosong. Kiper diperbolehkan berlari ke ruang kosong area permainan lawan.

Skema yang lain yaitu, kiper asli melakukan pergantian dengan pemain yang berposisi anchor, flank atau pivot. Namun sebelum itu mereka harus menggunakan jersey kiper sehingga wasit mengetahui jika tim tersebut sedang berpower play. Pemain tersebut pun harus menaati peraturan seperti tidak boleh memegang bola ataupun menjaga gawang.

Strategi power play ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu tim dengan bebas bisa melakukan variasi serangan berkat adanya tambahan pemain. 

Hal tersebut menjadikan peluang mencetak gol menjadi lebih besar. Kekurangannya yaitu saat tim sedang melakukan power play gawang dalam keadaan kosong dan sangat beresiko bola direbut dan diceploskan oleh pemain lawan.

Demikian informasi mengenai Power Play Dalam Futsal. Bagi kamu yang ingin memainkan olahraga futsal bisa menerapkan strategi ini bersama tim kamu.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1311 seconds [12]