Tim Nasional | Detail

Gara-Gara Malaysia Dipermak Timnas Indonesia 1-4, Nasib Tan Cheng Hoe seperti Habis Manis Sepah Dibuang

Saliki Dwi Saputra
Kamis, 27 Januari 2022, 13:35 WIB
Gara-Gara Malaysia Dipermak Timnas Indonesia 1-4, Nasib Tan Cheng Hoe seperti Habis Manis Sepah Dibuang
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, terancam dipecat (Foto: Situs resmi Piala AFF)

PERIBAHASA 'Habis manis sepah dibuang' barang kali cocok disematkan oleh Mantan Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. Lama meracik Harimau Malaya, kini dirinya menjadi sosok yang disudutkan dalam kegagalan Malaysia di Piala AFF 2020. Terlebih, Malaysia kalah telak 1-4 dari Indonesia di fase Grup B.

Buntut kegagalan Malaysia membuat Tan Cheng Hoe mundur dari kursi pelatih. Lebih pahitnya lagi, kegagalan Malaysia di ajang Piala AFF 2020 diduga karena kasus Match Fixing atau pengaturan skor.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) langsung membentuk Badan Penyelidik Independen untuk menyelidiki kasus tersebut. Namun Cheng Hoe dan asistennya dikabarkan tidak koperatif dengan penyelidikan yang dilakukan oleh FAM.

Tan Cheng Hoe
Tan Cheng Hoe

"Laporan yang disampaikan mengecewakan. Bukan sesuatu yang saya harapkan karena tidak komprehensif, tidak mengandung banyak fakta tentang permainan, tidak ada masalah teknis yang menyatakan mengapa mereka gagal. Saya kecewa," kata Sekretaris Jenderal FAM, Datuk Dell Akbar Khan, dilansir dari New Straits Times, Minggu (23/1/2022).

"Cheng Hoe tidak mau tampil untuk diwawancarai. Asisten pelatih (Balachandran) juga sama,” sambungnya kemudian.

Praktis banyak pihak menyudutkan Cheng Hoe dan menganggapnya terlibat dalam kasus pengaturan skor. Jelas hal itu terasa antitesis dengan apa yang telah diberikan sang pelatih bagi Harimau Malaya.

Dukungan pun diberikan oleh mantan atasannya, yang juga membawa Malaysia Juara AFF 2010, yakni Krishnasamy Rajagobal. Pelatih yang kini menangani Brunei tersebut memuji habis profesionalisme dan kualitas yang dimiliki oleh Cheng Hoe.

“Selama bekerja dengan saya, dia (Cheng Hoe) adalah pelatih yang saya percayai karena dia adalah pelatih yang tulus dan mampu tampil baik." puji Rajagobal dilansir dari Sinar Harian, (4/1/2022).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1327 seconds [13]