logo
Ragam Lainnya | Detail

IOC Ingatkan NOC di Seluruh Dunia untuk Menjaga Otonomi

Tim Sportstars
Kamis, 15 September 2022, 09:42 WIB
IOC Ingatkan NOC di Seluruh Dunia untuk Menjaga Otonomi
Ketau NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (NOC)

JAKARTA - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengingatkan Komite Olimpiade Nasional (NOC) untuk menjaga otonomi dan independensi sebagaimana marwah yang tertuang dalam Olympic Charter atau Piagam Olimpiade. 

Hal tersebut disampaikan President IOC Thomas Bach dalam pertemuan virtual bersama NOC di seluruh dunia, Rabu (14/09) malam WIB. Dalam pertemuan tersebut, Eksekutif Komite Rafiq Hakim Radinal dan Indra Gamulya hadir sebagai perwakilan dari NOC Indonesia.

“Kita harus memastikan otonomi dan mendapatkan respect dari pemerintah (di negara tersebut). Ini menjadi bagian dari sport movement (gerakan olahraga) di kompetisi olahraga internasional. Artinya, kita berkewajiban untuk menjaga otonomi ini dan menguatkan usaha kita,” ujar Bach.

Salah satu peran NOC yang tertuang dalam Olympic Charter adalah NOC harus  mempertahankan otonomi mereka dan menolak semua tekanan dalam bentuk apa pun, termasuk tetapi tidak terbatas pada tekanan politik, hukum, agama, atau ekonomi yang dapat mencegah mereka dalam tugasnya untuk mematuhi  Olympic Charter.

“Yang bisa saya janjikan ke Anda para NOC di sini adalah, kami para Executive Board IOC serta tim IOC akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan peran kita dalam menjaga Olympic Charter,” ujar Bach.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengatakan pihaknya akan berupaya maksimal menjalankan arahan IOC. Terutama dalam menjalankan misi dan peran NOC sebagaimana yang telah tertuang dalam Olympic Charter.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1606 seconds [12]