Tim Nasional | Detail

Investigasi Dugaan Match Fixing Laga Malaysia Vs Indonesia di Piala AFF 2020 Alami Hambatan

Basudiwa Supraja
Selasa, 25 Januari 2022, 08:23 WIB
Investigasi Dugaan Match Fixing Laga Malaysia Vs Indonesia di Piala AFF 2020 Alami Hambatan
Elkan Baggott menggenapkan kemenangan Timnas Indonesia 4-1 atas Timnas Malaysia (Foto: Situs resmi Piala AFF)

KUALA LUMPUR - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah membentuk badan investigasi khusus untuk menyelidiki kekalahan mereka dari Indonesia di Piala AFF 2020 lalu. Tim investigasi tersebut dikepalai oleh sosok mantan pemain Timnas Malaysia, Dell Akbar Khan.

Sebagaimana diketahui Timnas Indonesia menggasak Malaysia dengan skor telak 4-1 pada matchday terahir Grup B Piala AFF 2020. Kekalahan tersebut tentunya membuat Malaysia sakit hati, apalagi hal itu membuat Harimau Malaya gagal lolos ke semifinal.

FAM pun merasa geram dengan kekalahan tersebut dan curiga adanya indikasi pengaturan skor (match fixing). Alhasil mereka membentuk badan investigasi khusus untuk mengorek informasi dari seluruh elemen terkait yang terbang ke Singapura pada Desember 2021 lalu.

Namun dalam proses investigasi tersebut, FAM justru mengalami kesulitan. Seperti yang dilaporkan dalam New Strait Times, Selasa (25/1/2022), investigasi tersebut terhambat karena minimnya kerja sama dengan staf pelatih dan beberapa laporan yang tidak lengkap.

Mantan pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, serta asistennya, S. Balachandran, menolak untuk diselidiki. Hal itu membuat Dell Akbar kecewa dan kesal.

“Cheng Hoe tidak mau tampil untuk diwawancarai, sama dengan asisten pelatih (Balachandran),” ungkap Dell dikutip dari New Stait Times, Selasa (25/1/2022).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2858 seconds [13]