MotoGP | Detail

Intip Kesiapan Indonesia dalam Menggelar MotoGP Mandalika 2022, Sudah Sejauh Mana?

Wilda Fajriah
Sabtu, 22 Januari 2022, 06:00 WIB
Intip Kesiapan Indonesia dalam Menggelar MotoGP Mandalika 2022, Sudah Sejauh Mana?
Ini Fakta-fakta dan Profile Sirkuit Mandalika

AJANG Balap MotoGP 2022 akan segera dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022 mendatang di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ajang ini diprediksi akan menarik hingga 100 ribu pengunjung dari seluruh penjuru dunia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan, MotoGP merupakan etalase Indonesia di ranah industri olahraga. Penggemarnya pun juga sangat banyak, karenanya dibutuhkan kesiapan yang matang supaya mereka terkesan.

"MotoGP etalase Indonesia di sport industry. Penggemar MotoGP juga banyak banget di seluruh dunia, mulai dari warga sipil hingga selebriti," katanya dalam pertemuan daring pada Jumat (21/1/2022).

Akan tetapi, akomodasi yang tersedia di Lombok per Desember 2021 hanya sekitar 23 ribu unit saja. Karenanya, pemerintah pun melakukan sejumlah alternatif guna memenuhi fasilitas bagi para pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Kira-kira, sudah sejauh apa kesiapannya?berikut ulasan Sportstars.id:

Fasilitas Hunian

Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) yang dibangun oleh KemenPUPR saat ini sudah ada sekitar 300 unit dan sedang dalam proses sertifikasi CHSE. Selain itu, Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan mitra penginapan serta brand pakaian untuk memfasilitasi penyediaan glamping, toilet, restoran, dan lain sebagainya.

Kemenparekraf juga telah memberikan alternatif untuk menginap di Bali. Hingga saat ini, hal ini masih dalam tahap perencanaan untuk menghadirkan paket bundling (hotel dan shuttle flight Bali-Mandalika). 
 
Selain di Bali, tersedia juga opsi menginap di kapal Pelni. Hal ini akan dikoordinasikan bersama Kementerian Perhubungan. Selain hotel, homestay, dan kapal pelni, tersedia juga alternatif akomodasi di kabin, campervan, kapal pinisi, kapal pesiar, glamping, dan hotel terapung baik di Bali, maupun Lombok.

Fasilitas Kesehatan

Saat ini, tingkat vaksinasi di Lombok Tengah telah mencapai 70.93 persen untuk dosis pertama, dan 61 persen untuk dosis kedua. Untuk mewujudkan herd immunity, vaksin keliling diadakan sejak 11-22 Januari 2022 bagi para pelaku parekraf, masyarakat umum, dan anak-anak usia 6-11 tahun.  

Tujuannya adalah untuk mendorong kebangkitan sektor kesehatan dan ekonomi setempat agar ajang MotoGP dapat diselenggarakan dengan maksimal.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1392 seconds [13]