logo
Ragam Lainnya | Detail

Inilah Sejarah SEA Games: Lengkap Cabang Olahraga dan Perannya

Intan Rachmasari
Kamis, 19 Januari 2023, 20:19 WIB
Inilah Sejarah SEA Games: Lengkap Cabang Olahraga dan Perannya
Sea Games 2023 Kamboja siap digelar untuk menjadi ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara (Sumber: Instagram)

JAKARTA - Sejarah SEA Games lengkap dengan cabang olahraga dan perannya menjadi informasi yang penting untuk diketahui. Jika dilihat SEA Games merupakan ajang kompetisi olahraga paling bergengsi di tingkat Asia Tenggara yang diadakan setiap 2 tahun sekali pada tahun ganjil.

SEA Games merupakan singkatan dari South East Asian Games ini diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara yang selalu dilaksanakan setiap dua tahun sekali. 11 negara ini meliputi Indonesia, Kamboja, Malaysia, Thailand, Myanmar, Filipina, Laos, Vietnam, Singapura, Brunei Darussalam dan Timor Leste. 

Di tahun 2023 SEA Games akan dilaksanakan di Kamboja dan akan memperlombakan 36 cabang olahraga. Ke 11 negara ini akan berjuang untuk menunjukan yang terbaik dan memperkuat solidaritas antar negara Asia Tenggara. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas sejarah SEA Games lengkap dengan cabang olahraga dan perannya;

Sea Games 2023 (Sumber: Instagram)

Sejarah SEA Games

SEA Games pertama kali diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 12-17 Desember tahun 1959 selama lima hari mulai tanggal 12 sampai 17 Desember 1959. Kala itu gelaran ini diikuti sebanyak 527 atlet dan panitia dari Thailand, Burma, Malaysia, Vietnam Selatan, Laos dan Singapura. 

Sebanyak 12 cabang olahraga diperlombakan pada SEAP Games edisi pertama. Kemudian di tahun 1975 SEAP Games berubah nama menjadi SEA Games hingga hari ini. Di tahun 1975 Indonesia dan Filipina secara resmi berkompetisi di ajang olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara. 

Dua tahun selanjutnya tepatnya pada edisi 1979 Brunei Darussalam mulai menjadi peserta SEA Games. Seiring berjalannya waktu akhirnya Timor Leste juga mulai bergabung di kompetisi olahraga Asia Tenggara ini. 

Lahirnya SEA Games diawali dengan diadakannya Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara atau lebih dikenal dengan SEAP Games (Southeast Asian Peninsular). Ajang SEAP Games pertama kali dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit. Kala itu dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. 

Tujuan Laung mendirikan SEAP Games adalah untuk membangun kerjasama, meningkatkan solidaritas dan menjalin hubungan baik antar negara negara di kawasan Asia Tenggara. 

Cabang Olahraga SEA Games

Cabang olahraga yang diperlombakan dalam SEA Games akan berbeda setiap edisinya, hal ini dikarenakan tergantung pada panitia pelaksana di setiap negara tuan rumah. Selain itu pemilihan cabang olahraga SEA Games perlu mematuhi aturan yang tertulis di Piagam SEAGF. 

Setiap negara tuan rumah SEA Games harus menggelar minimal 22 cabang olahraga. Adapun rinciannya sebagai berikut : 

  • 2 Olahraga wajib dari Kategori 1 yakni Atletik dan Olahraga Air.
  • Minimal 14 Olahraga dari Kategori 2 
  • Maksimal 8 Olahraga dari Kategori 3 
 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1817 seconds [12]