logo
Hobi | Detail

Inilah Macam-Macam Pilates dan Manfaatnya yang Bisa Dipilih

Intan Rachmasari
Kamis, 04 Agustus 2022, 01:27 WIB
Inilah Macam-Macam Pilates dan Manfaatnya yang Bisa Dipilih
Gerakan pilates sangat beragam dan kini juga digemari kaum pria (Foto: hip2save).

JAKARTA - Macam - macam pilates dan manfaatnya jadi informasi yang wajib diketahui oleh warganet yang ingin jaga kesehatannya. Pilates merupakan salah satu jenis olahraga dengan fokus ketenangan yang sedang populer di kalangan masyarakat modern. 

Prinsip gerakan olahraga ini adalah untuk menyatukan jiwa dan raga, keduanya bekerja sama untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karena itulah, pilates banyak dilakukan oleh wanita. Tapi sekarang pria mulai mencoba pilates, yang katanya bagus untuk membentuk perut.

Ternyata pilates ada banyak jenisnya dan memiliki manfaat yang beragam. Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan membahas macam - macam pilates dan manfaatnya. Berikut informasinya;

Mengenal Pilates, Sejarah dan Keunggulannya (Foto: phillymag.com)

Macam - macam Pilates dan Manfaatnya

  1. Classical Pilates  

Classical pilates atau biasa disebut dengan pilates klasik adalah jenis pilates yang paling pertama dikenal. Pilates klasik lebih fokus pada bagian panggul posterior atau lebih dikenal dengan pinggul miring ke belakang.

Selain itu gerakan pilates ini juga memperhatikan postur bagian tubuh lain seperti kepala, leher dan punggung. Manfaat classical pilates adalah dapat menyembuhkan sakit punggung dan sakit leher kronis.

  1. Mat Pilates

Pada dasarnya Mat Pilates adalah bentuk pengemabangan dari pilates klasik. Dalam pelatihannya, mat pilates sangat berfokus pada otot inti sehingga baik bagi mereka yang memiliki nyeri di bagian punggung. 

Orang yang melakukan olahraga jenis mat pilates akan lebih baik peningkatannya dalam keseimbangan dan penurunan rasa sakit.

  1. Reformer Pilates

Jenis pilates ini adalah gerakan pilates yang membutuhkan alat pembantu. Sebuah reformer adalah perangkat yang digunakan dalam jenis Pilates. Bentuknya seperti tempat tidur, dengan bingkai di setiap sisi dan satu set tali dan pegas. 

Pilates jenis ini cenderung lebih intens dibandingkan Mat Pilates, sehingga biasanya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. 

  1. Contemporary Pilates 

Contemporary pilates  merupakan jenis pengembangan lain dari klasik pilates. Pilates jenis ini banyak digunakan untuk rehabilitasi cedera, dan gerakannya bisa disesuaikan dengan kreativitas pelatih. Pilates modern umumnya mengajarkan  posisi panggul yang netral, yaitu ketika seseorang berdiri tegak dalam postur yang benar. 

  1. Stott Pilates 

Stott Pilates adalah gaya Pilates yang dikembangkan oleh Moira Merrithew, seorang balerina yang belajar Pilates setelah menderita cedera leher.  Pilates jenis ini pun tetap menggunakan prinsip dasar pilates klasik.

Namun yang membedakan pilates jenis ini menggunakan alat penunjang berupa reformator, foam roller, hingga stability ball. Pilates jenis ini bermanfaat untuk membentuk postur tubuh lebih indah, serta dapat melatih otot agar lebih lentur dan kuat. 

Demikian informasi macam - macam pilates dan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1549 seconds [12]