logo
Balap Lainnya | Detail

Begini 3 Cara Cek Plat Nomor Jakarta Tanpa NIK

Intan Rachmasari
Senin, 12 September 2022, 14:16 WIB
Begini 3 Cara Cek Plat Nomor Jakarta Tanpa NIK
Plat Nomor Kendaraan (Foto: freepik)

JAKARTA - Cara cek plat nomor Jakarta tanpa NIK saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan bertujuan untuk memudahkan para pemilik kendaraan. Melalui website, aplikasi ataupun sms para pemilik kendaraan bisa melakukan cek plat nomor tanpa menggunakan NIK. 

Pengecekan plat nomor kendaraan sangat diperlukan, khususnya bagi para calon pembeli kendaraan bermotor. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko penipuan, dan untuk mengetahui kondisi keresmian berkas calon kendaraan.

Modern ini cek plat nomor dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus mengunjungi kantor samsat terdekat. Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas cara cek plat nomor Jakarta tanpa NIK. Berikut informasinya; 

Plat Nomor Kendaraan (Foto: mitsubishi-motors.co.id)

 Cara Cek Plat Nomor Jakarta Tanpa NIK

  1. Cek Melalui SMS 

Cara yang paling mudah adalah dengan mengirim SMS ke nomor khusus untuk mengetahui plat nomor kendaraan itu asli atau palsu. Jika asli akan tertera info mulai dari jenis kendaraan hingga masa berlaku STNK kendaraan. 

Untuk mengirim SMS ini, cukup ketik: METRO dan plat nomor kendaraan (tanpa spasi) yang akan di cek. Contoh METRO B1234COD lalu kirim ke: 1717. Tunggu beberapa saat dan balasan SMS akan datang berisi informasi kendaraan tersebut. 

Pastikan Anda mengetik sesuai cara di atas mulai dari pemakaian huruf kapital hingga spasi. Karena jika tidak maka informasi mengenai data kendaraan tidak akan muncul. 

  1. Cek Melalui Aplikasi 

Untuk mengetahui plat nomor Jakarta tanpa NIK bisa juga menggunakan aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta. Jika sudah mengunduh aplikasi tersebut, masukkan nomor plat kendaraan dan tak lama kemudian informasi kendaraan tersebut akan tampil di aplikasi. 

Selain pakai aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta, juga bisa menggunakan aplikasi Pajak Online DKI Jakarta. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu melakukan registrasi dahulu untuk mendapatkan alamat email dan password. 

Setelah melakukan registrasi, pilih menu PKB kemudian masukan plat nomor kendaraan dan tunggu prosesnya. Jika sudah selesai akan muncul nama pemilik kendaraan, besarnya pajak kendaraan, dan masa berlaku pajak kendaraan tersebut.

  1. Cek Melalui Website Samsat DKI 

Selain menggunakan dua cara di atas, cek plat nomor Jakarta tanpa NIK juga bisa dilakukan dengan mengakses website Samsat DKI Jakarta di http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Ini merupakan situs resmi yang akan memberi informasi kendaraan berdasarkan plat nomor.

Pada halaman awal website, masukkan plat nomor kendaraan yang ingin diketahui riwayatnya. Isi nomor kendaraan pada kolom yang tersedia dan jika tidak mengetahui nomor NIK pemilik kendaraan bisa kosongkan kolom tersebut. Kemudian beri tanda centang 'V' pada kotak yang bertuliskan I'm Not a Robot' dan klik Proses jika sudah selesai. 

Kemudian informasi kendaraan akan segera ditampilkan, seperti merk mobil, tipe mobil, warna mobil, jenis bahan bakar, termasuk besar pajak dan masa berlaku pajak dari kendaraan tersebut.

Demikian informasi mengenai cara cek plat nomor Jakarta tanpa NIK. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1690 seconds [13]