logo
Sportainment | Detail

Inilah Biodata dan Agama Rio Haryanto: Pionirnya Pembalap F1 Indonesia!

Okta Novanto
Kamis, 22 September 2022, 12:05 WIB
Inilah Biodata dan Agama Rio Haryanto: Pionirnya Pembalap F1 Indonesia!
Rio Haryanto yang selalu dirindukan penggemar untuk bisa kembali balapan (Foto: Instagram/@rharyantoracing).

JAKARTA- Informasi biodata dan Agama Rio Haryanto selalu dicari oleh penggemar balap Tanah Air. Sosok ini bisa disebut sebagai salah satu legenda balap mobil Indonesia karena dirinya merupakan pembalap pertama pada ajang Formula 1.

Balap F1 (Formula 1) merupakan salah satu ajang balapan paling terkemuka di dunia. Bagaimana tidak, penonton kerap disajikan aksi mobil dengan kecepatan yang luar biasa hingga menyentuh angka 379 km/jam.

Tidak banyak yang mengetahui bila Asia Tenggara selama ini baru melahirkan 4 pembalap F1 dan salah satunya dari Indonesia yaitu Rio Haryanto. Dia menjadi rarity di Tanah Air bahkan Asia Tenggara sehingga tak heran sosoknya sangat lekat di benak jutaan masyarakat.

Berikut informasi mengenai biodata dan Agama Rio Haryanto yang telah Sportstars.id rangkum dari berbagai sumber;

Rio Haryanto pembalap F1 (Foto: Instagram @/rharyantoracing)

Biodata dan Agama Rio Haryanto

Rio Haryanto merupakan salah satu pembalap berbakat tanah air yang lahir di Solo, Jawa Tengah, pada 22 Januari 1993. Dia adalah anak dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati.

Diketahui Rio Haryanto merupakan penganut Agama Islam. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaannya menempelkan ayat kursi pada kokpit mobilnya.

Cikal bakal balap Rio Haryanto sudah nampak sejak kecil. Gokart menjadi kendaraan pertama yang ditunggangi oleh Rio Haryanto. Pada 1999, Rio Haryanto membuktikan bahwa bakatnya telah berkembang dengan baik dengan menjuarai gokart kelas kadet.

Pada 2005 dan 2006, Ikatan Motor Indonesia (IMI) bahkan menganugerahinya dengan penghargaan Atlet Gokart Terbaik Junior. Pencapaian Rio Haryanto sebagai pembalap gokart semakin berkembang hingga memanen banyak prestasi di Asia. Setelah level Asia, Rio Haryanto pun berkompetisi di Eropa.

Rio hijrah ke GP3 Europe Series (2010-2011) dan GP2 Europe Series (2012-2015) dengan berbagai tim. Pada 2016, secara mengejutkan namanya jadi topik hangat Tanah Air karena diumumkan sebagai pembalap Manor Racing di F1.

Kala itu, Rio membutuhkan biaya sebesar Rp221 miliar untuk mendapatkan naungan dari Manor Racing. Pihak Rio pun mengusahakannya dengan meminta bantuan berbagai pihak untuk menjadi sponsor, termasuk pemerintah.

Akhirnya mimpi besar itu terkabul meski Rio Haryanto pun hanya melakoni 12 kali balapan bersama Manor Racing karena hanya mampu membayar Rp118 miliar, posisi Rio Haryanto akhirnya diganti oleh Esteban Ocon.

Torehan terbaik Rio Haryanto di F1 saat berhasil finis ke-15 di F1 GP Monaco 2016. Sayang, tim yang menaungi Rio harus gulung tikar pada tahun berikutnya karena bangkrut secara finansial.

Selepas berhenti dalam perhelatan F1 pada 2017, Rio Haryanto pun meneruskan bisnis keluarganya di bidang percetakan. Sebagai sarjana ekonomi dari Universitas Anglia Ruskin, Rio fokus dalam divisi security printing.

Tak hanya itu, Rio juga diketahui memiliki usaha restoran di daerah Colomadu, Karanganyar. Ia sempat kembali menjajal hobinya lagi dalam balapan ketahanan, Blancpain GT World Challenge Asia, dan Asian Le Mans Series.

Kabar terakhir datang dari Rio Haryanto yang diketahui hendak menikahi muslimah cantik bernama Larissa Chou.

Demikian informasi mengenai biodata dan agama Rio Haryanto, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstars.id .

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1705 seconds [13]