Sportainment | Detail

Inilah 5 Sponsor Jersey Klub Sepak Bola Termahal, Mana yang Termahal?

Wikku D. Nugroho
Selasa, 14 Juni 2022, 21:40 WIB
Inilah 5 Sponsor Jersey Klub Sepak Bola Termahal, Mana yang Termahal?
Spotify jadi sponsor baru Barcelona dengan nilai fantastis. (Foto: Barcelona/Twitter)

JAKARTA-Sponsor jersey klub sepak bola termahal menjadi fenomena yang mencengangkan. Karena sepakbola memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Tak ayal, banyak brand skala dunia berlomba-lomba menjadi sponsor klub bola. 

Bahkan beberapa produk juga diketahui memberikan dana yang sangat fantastis. Karena semua klub membutuhkan dana untuk menjalankan operasional klub. Maka pemasukan dari sponsor adalah salah satu sumbernya. 

Beberapa klub sudah dapatkan kontrak kerjasama dengan sponsor baru, salah satunya adalah Barcelona. Dikabarkan mereka dapatkan kucuran dana permusimnya hingga triliunan rupiah. 

Terlepas dari itu, tercatat beberapa klub sepakbola masuk daftar 5 sponsor jersey klub sepak bola termahal. Klub mana sajakah itu? Berikut Sportstars akan tampilkan ulasannya. 

5 Sponsor Jersey Klub Sepak Bola Termahal

1. Manchester City

5 Sponsor Jersey Klub Sepak Bola termahal diawali dari klub Liga Inggris, Manchester City. Klub ini mendadak kaya raya setelah diakuisisi taipan asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour. 

Beberapa pesepakbola bintang dunia pun mereka daratkan ke Etihad Stadium. Mereka juga dapatkan pemasukan yang fantastis dari sponsor utama mereka, Emirates, sebesar 53 Juta Euro atau Rp815 Miliar per musim.

2. Manchester United

Selanjutnya ada sang rival, Manchester United. Klub berjuluk The Red Devils ini meskipun sedang tak apik kondisinya, mereka masih tercatat sebagai klub kaya. 

Dikabarkan mereka juga dapatkan banyak dana dari sponsor mereka, TeamViewer, yakni sebesar 56 Juta Euro atau Rp816 Miliar per musim.

3. PSG

Klub raksasa Ligue 1, PSG, memang dikenal sebagai klub sepakbola terkaya. Klub yang diketuai oleh Nasser Al-Khelaifi ini memang memiliki dana klub yang tak terbatas. 

Tercatat sponsor ternama seperti Accor Live Times menyuplai dana sponsor PSG sebesar 65 Juta Euro atau hampir Rp1 Triliun. 

2. Real Madrid

Real Madrid pernah mencanangkan program Los Galacticos jilid 1 dan 2. Mereka gencar mendatangkan pemain kelas dunia dari berbagai liga sepakbola. Tak ayal, mereka juga dikenal sebagai salah satu klub terkaya di Liga Spanyol bahkan dunia.

Real Madrid juga dapatkan dana sponsor dari perusahaan maskapai penerbangan, Emirates, dana mereka kucurkan di angka 70 Juta Euro atau Rp.1,07 Triliun per musimnya. 

1. Barcelona

Tak ingin kalah dengan sang rival abadi, ternyata Barcelona juga masuk sebagai klub yang memiliki sponsor termahal. Akhir-akhir ini, mereka mendapatkan sponsor baru yakni Spotify. Diketahui Spotify merupakan aplikasi musik ponsel pintar ternama di dunia. 

Mereka rela mengucurkan dana sponsor ke klub berjuluk Blaugrana itu sebesar 93,3 Juta Euro atau Rp1,4 Triliun per musimnya. Hal ini menjadikan Barcelona sebagai klub yang memiliki sponsor termahal dalam daftar ini.

Demikian informasi seputar 5 sponsor jersey klub sepak bola termahal. Patut kita tunggu klub mana lagi yang akan menyusul Barcelona dalam hal sponsor termahal selanjutnya. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1368 seconds [13]