Liga Indonesia | Detail

Ini Syarat Pemain Sepak Bola Bisa Putuskan Kontrak Klub Secara Sepihak

Basudiwa Supraja
Kamis, 28 April 2022, 09:26 WIB
Ini Syarat Pemain Sepak Bola Bisa Putuskan Kontrak Klub Secara Sepihak
Marko Simic memutus kontrak secara sepihak dengan Persija Jakarta (Foto: Media Persija)

JAKARTA - Kerja sama antar pemain sepak bola dan klub tentu berdasarkan kesepakatan bersama. Belakangan masyarakat Indonesia dibuat bertanya-tanya ketika melihat satu kasus pemain yang memutus hubungan secara sepihak.

Marko Simic dalam beberapa hari terakhir menjadi perbincangan karena secara terbuka mengundurkan diri dari Persija Jakarta. Berdasarkan pengakuan Simic, dirinya tidak digaji oleh kubu Persija selama setahun.

Kini dirinya pun berstatus tanpa klub setelah melayangkan surat terbuka tersebut di Instagram pada Selasa (26/4/2022). Namun, belakangan fenomena kepergian Simic ini pun menimbulkan pro-kontra dari masyarakat Indonesia.

Unggahan Marko Simic (Foto: Instagram)
Unggahan Marko Simic (Foto: Instagram)

Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) lantas merilis edukasi tentang syarat pemain yang bisa memutus kontrak dengan klub secara sepihak. Ini tentunya penting agar tidak terjadi salah kaprah.

Berdasarkan kanal Youtube APPI yang tayang sejak 2020 lalu, setidaknya ada dua syarat yang harus dipenuhi jika sang pemain benar ingin mengakhiri hubungan kerja sama dengan klub terkait. Hal itu bisa terjadi jika pihak klub terus melanggar perjanjian kontrak.

Artinya apa yang tertuang dalam surat kontrak harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Pasalnya, itu dinilai telah mengganggu kesepakatan dan kepercayaan bersama.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1364 seconds [13]