Hobi | Detail

Ini Risiko jika Mantan Atlet Tak Menjaga Pola Hidup Sehat

Siska Permata Sari
Rabu, 07 Juli 2021, 20:24 WIB
Ini Risiko jika Mantan Atlet Tak Menjaga Pola Hidup Sehat
David Beckham tetap rajin menjaga kondisi tubuhnya saat sudah pensiun. (Foto: Instagram/@davidbeckham)

PROFESI sebagai atlet identik dengan orang-orang yang kuat dan sehat. Hal tersebut berkaitan dengan gaya hidup sehat serta latihan yang setiap hari dilakoni oleh para atlet. Tetapi, apa jadinya jika sudah pensiun atau tidak lagi menjadi seorang atlet?

Spesialis kedokteran olahraga dr Antonius Andi Kurniawan, SpKO, mengungkapkan, memang ada beberapa risiko kesehatan yang dapat dialami oleh mantan atlet. Mulai dari obesitas, kolesterol, hingga masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung dan serangan jantung.

Dia mengatakan, risiko-risiko kesehatan tersebut dapat diminimalisir dengan menjaga gaya hidup sehat selepas pensiun menjadi seorang atlet.

“Sebenarnya ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa, atlet itu selepas tidak menjadi atlet atau pensiun, seringkali mengalami banyak masalah kesehatan atau risiko kesehatan,” kata dr Andi saat dihubungi MNC Portal, belum lama ini.

Risiko kesehatan itu bisa terjadi jika atlet tersebut pernah mengalami cedera dan tidak ditangani dengan baik. Pada akhirnya, ini bisa menimbulkan masalah kesehatan pada tulang, sendi, otot atau area yang mengalami cedera. Selain itu, apabila mantan atlet tersebut tidak menjaga gaya hidup sehatnya seperti tidak lagi aktif berolahraga. 

Namun, masalah kesehatan juga bisa timbul bila mantan atlet tersebut memaksa melakukan olahraga dengan intensitas berat ketika kondisi tubuh tidak memungkinkan. Misalnya, karena cedera atau lantaran faktor usia. Bahayanya, hal itu bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

“Jenis olahraga yang menyebabkan seseorang itu terjadi serangan jantung adalah berat atau ringannya intensitasnya. Intensitas olahraga yang terlalu tinggi, terlalu berat, yang ¬†sebenarnya saat ini kondisi tubuhnya tidak sesuai, itu berbahaya,” ujarnya.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2482 seconds [12]