logo
Ragam Lainnya | Detail

Posisi Lengan dan Tumpuan Kaki yang Benar saat Melakukan Lompat Jauh

Tim Sportstars
Rabu, 28 Desember 2022, 19:30 WIB
Posisi Lengan dan Tumpuan Kaki yang Benar saat Melakukan Lompat Jauh
Peraturan perlombaan lompat jauh cukup mudah untuk dipahami (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

JAKARTA - Berikut adalah posisi lengan dan tumpuan kaki yang benar saat melakukan lompat jauh. Hal itu penting diketahui agar kita tidak mengalami cedera pada saat melakukan olahraga lompat jauh.

Lompat jauh merupakan cabang olahraga atletik yang memiliki ciri khas melompat ke depan atas, melayang di udara selama mungkin, serta melakukan pendaratan. 

Olahraga ini diawali dengan tolakan menggunakan 1 (satu) kaki dan mengumpulkan kekuatan untuk mencapai jarak sejauh mungkin pada saat melakukan pendaratan.

Pada olahraga lompat jauh, terdapat beberapa teknik yang harus dipelajari seperti teknik awalan, teknik tolakan, teknik melayang, serta teknik mendarat.

Teknik-teknik yang sudah disebutkan di atas, tentunya posisi lengan dan tumpuan kaki harus diperhatikan dengan baik, agar kita tidak mengalami cedera maupun celaka saat berolahraga lompat jauh.

Pada saat waktu tolakan dalam lompat jauh, posisi kedua lengan harus diayunkan atau diangkat ke depan-atas. Sementara saat melakukan lompat jauh kaki yang menumpu pada balok tumpuan adalah kaki yang terkuat.

Berikut tim Sportstars.id akan merangkum materi mengenai posisi lengan dan tumpuan kaki yang benar saat melakukan lompat jauh.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1827 seconds [12]