logo
Ragam Lainnya | Detail

Ini Induk Organisasi Pencak Silat Internasional yang Perlu Kamu Tahu

Tim Sportstars
Jum'at, 04 November 2022, 17:35 WIB
Ini Induk Organisasi Pencak Silat Internasional yang Perlu Kamu Tahu
Induk organisasi pencak silat Internasional adalah Persilat. (Foto: Instagram @pshterateindonesia)

JAKARTA - Tak semua tahu induk organisasi pencak silat Internasional. Untuk itu Sportstars.id akan membahasnya di artikel kali ini. 

Di tingkat nasional, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) menjadi induk bela diri asli tanah air ini. Di Indonesia, pencak silat mulai berkembang sejak terbentuknya IPSI pada 18 Mei 1948 di bawah kepemimpinan Mr. Wongsonegoro.

Pencak silat adalah bela diri asal Indonesia yang memiliki pengertian sebagai kelompok masyarakat yang merupakan penduduk asli negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Pada awalnya pencak silat bertujuan untuk membela diri dari berbagai ancaman, namun seiring perkembangannya fungsi pencak silat tidak hanya sebagai seni bela diri tetapi juga sebagai sarana olahraga. Bentuk kecintaan keindahan, dan juga menjadi pendidikan mental dan rohani.

Induk organisasi pencak silat internasional sebagai wadah organisasi pencak silat internasional menjadi bukti bahwa bela diri ini telah mendunia. Berikut informasi induk organisasi pencak silat yang dirangkum Sportstars.id dari berbagai sumber.    
 

Induk Organisasi Pencak Silat Internasional

Induk organisasi pencak silat internasional adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (PERSILAT) yang didirikan pada 11 Maret 1980. PERSILAT merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh Indonesia (IPSI), Singapura (PERSISI), Malaysia (PESAKA), dan Brunei Darussalam (PERSIB).

Asas PERSILAT adalah persaudaraan, kekeluargaan, persatuan, serta menghormati satu sama lain serta tanpa membedakan suku bangsa dan agama.

Logo Persilat.

Adapun tujuan didirikannya PERSILAT, sebagai berikut:

  1. Melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai pencak silat ke seluruh dunia sebagai warisan budaya nusantara yang memiliki aspek mental-spiritual, beladiri, seni dan olahraga sebagai satu kesatuan utuh.
  2. Membina, mengembangkan, dan juga mempersatukan kegiatan organisasi Pencak Silat dari berbagai negara.
  3. Menjadikan Pencak Silat sebagai sarana untuk membina pribadi utuh yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dalam mewujudkan persaudaraan, kedamaian di antara bangsa-bangsa.
  4. Memelihara dan menghormati kepentingan anggota PERSILAT.

Bersamaan dengan resminya induk organisasi pencak silat internasional, membuat pencak silat resmi diakui sebagai seni bela diri. Pencak silat merupakan salah satu warisan yang patut untuk terus dijaga dan dikembangkan. (Syifa Fauziah)

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1739 seconds [12]