logo
Netting | Detail

Ini Cara Melakukan Servis Pendek Dengan Backhand, Beserta Tujuannya

Okta Novanto
Jum'at, 16 September 2022, 15:40 WIB
Ini Cara Melakukan Servis Pendek Dengan Backhand, Beserta Tujuannya
Tunggal Putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting saat melakukan backhand (Foto: Badminton Photo).

JAKARTA - Cara melakukan servis pendek backhand menjadi informasi yang banyak dicari oleh penggemar olahraga bulu tangkis. Servis dalam bulu tangkis merupakan upaya memulai permainan di awal game atau setelah shuttlecock mati.

Dalam servis ada dua jenis teknik yaitu backhand dan forehand. Teknik backhand biasanya untuk servis pendek yang diharapkan akan sulit diterima oleh lawan.

Bagaimanakah cara melakukan servis pendek dengan backhand? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

JAKARTA - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok ke pebulu tangkis tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia pada babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (10/6/2022).  Anth

Tips untuk Servis Pendek dengan Cara Backhand

Berikut langkah-langkah melakukan servis pendek dengan backhand:

  • Diawali dengan sikap berdiri dengan kaki kanan di depan kaki kiri dan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan.
  • Buka kedua kaki selebar pinggul, lutut direndahkan sehingga sikap seperti ini titik berat berada di antara kedua kaki.
  • Kondisikan badan tetap rileks dan penuh konsentrasi.
  • Ayunkan raket dengan relatif pendek, sehingga shuttlecock hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan.
  • Jangan menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan memengaruhi arah dan akurasi pukulan.
  • Sebelum melakukan servis backhand ini, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan sehingga dapat mengarahkan shuttlecock ke sasaran yang tepat. 

Tujuan Servis Pendek Dengan Backhand

Tujuan servis pendek dengan backhand ini tentu untuk mendapatkan poin karena jika dilakukan secara tepat, lawan akan kesulitan menerima shuttlecock. Tetapi setidaknya jika lawan mampu mengembalikan shuttlecock, pasti akan mudah dijangkau oleh kita karena dan dapat dengan mudah mengembalikannya lagi.

Maka harus jeli memperhatikan tumpukan dan posisi lawan saat bersiap menerima servis kita agar mampu mengarahkan shuttlecock ke area yang berkebalikan dengan kesiapannya.

Teknik ini terbilang mudah tetapi tidak bisa diremehkan saat dilakukan dengan benar. Karena itu diperlukan latihan rutin untuk menumbuhkan insting melakukan servis backhand dengan otomatis.

Demikian informasi mengenai cara melakukan servis pendek dengan backhand, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1722 seconds [12]