Tim Nasional | Detail

Ini Beda Cara Shin Tae-yong Tangani Timnas U-23 dan Senior, Bakal Terlihat di FIFA Matchday?

Rifqi Herjoko
Kamis, 20 Januari 2022, 07:11 WIB
Ini Beda Cara Shin Tae-yong Tangani Timnas U-23 dan Senior, Bakal Terlihat di FIFA Matchday?
Pelatih Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada para penggawa Timnas Indonesia (Foto : Instagram @pssi)

JAKARTA – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ternyata memiliki cara yang berbeda dalam menangani timnas U-23 dan senior. Tampaknya, taktik tersebut menyesuaikan dengan materi pemain serta tujuan tersendiri di baliknya.

Sebagai informasi, Shin Tae-yong telah dua tahun menukangi timnas Indonesia. Dia resmi ditunjuk PSSI menjadi pelatih tim Garuda pada Januari 2020. Pria asal Korea Selatan itu ditugaskan memimpin Skuad Garuda, mulai dari U-19, U-23, hingga senior.

Sejumlah turnamen telah dilakoni oleh Coach Shin bersama timnas Indonesia. Dengan demikian, publik dapat melihat ada perbedaan mencolok ketika pria asal Korea Selatan itu menangani timnas U-23 dan senior.

Adapun perbedaan yang paling terlihat adalah terkait formasi yang dipakai. Pada timnas U-23, sang pelatih cenderung menerapkan formasi 4-4-2. Hal itu tampak jelas saat Indonesia menjalani laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan Australia Oktober lalu.

Timnas Indonesia harus melakoni laga hidup-mati melawan Australia di ajang tersebut. Laga digelar dalam dua leg. Pemenang dari duel tersebut dipastikan lolos ke Piala Asia U-23 2022.

Pada kedua laga itu, Shin Tae-yong konsisten menggunakan formasi 4-4-2. Dia menggunakan skema dua penyerang di lini depan. Posisi itu biasa diisi oleh Bagus Kahfi dan Hanis Saghara. Sementara itu, sektor lini tengah diisi oleh Witan Sulaeman, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Rachmat Irianto.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1742 seconds [13]