logo
Ragam Lainnya | Detail

Ini Bahaya Akibat Terlalu Sering Olahraga Lari

Tim Sportstars
Senin, 31 Oktober 2022, 13:05 WIB
Ini Bahaya Akibat Terlalu Sering Olahraga Lari
Bahaya Akibat Terlalu Sering Olahraga Lari (Foto: Huffingtonpost).

BERLARI merupakan olahraga sederhana dan sering dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun jika tertalu sering dilakukan, olahraga lari juga memiliki bahaya untuk tubuh.

Lantas apa saja risiko yang dapat terjadi dalam olahraga lari? Berikut Sportstars.id rangkum beberapa bahaya jika terlalu sering olahraga lari. Semoga bisa meningkatkan kewaspadaan bagi Anda.

Kuku Kaki Menjadi Hitam

Jika sering berlari akan menjadi bahaya bagi kesehatan, yaitu akan dapat membuat kuku menjadi hitam. Hal ini terjadi karena jari-jari kaki jadi lebih sering menyentuh bagian depan sepatu. 

Sepatu yang terlalu kecil dan kaos kaki ketat juga dapat menekan kuku kaki. Jika dibiarkan terlalu lama maka kaki dapat mengalami bengkak yang menyebabkan hematoma di bawah kuku sehingga membuat kapalan dan membuat kuku menjadi hitam.

Tinggi Tubuh Berkurang

Tidak masalah para kuku, lari terlalu sering juga membuat tinggi tubuh berkurang. Hal itu terjadi karena tinggi dan volume cakram intervertebralis tubuh yang berkurang.

Hal ini terjadi karena kaki kehilangan cairan dan kompresi, sehingga tinggi tubuh akan berkurang hampir 0,5 inci. Untungnya hal ini hanya bersifat sementara, karena akan pulih dengan sendirinya.

Cedera pada Tubuh

Seperti halnya olahraga lain, berlari juga memiliki risiko cedera. Selain faktor eksternal, terdapat juga faktor internal yang dapat membuat seseorang cedera saat berlari terlalu sering.

Hal ini terjadi karena otot bekerja ekstra saat berlari. Sehingga tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi. Tak heran jika setiap orang dianjurkan untuk melakukan lari secara bertahap, mulai dari ringan, sedang, dan berat. Tak lupa, pertimbangkan juga waktu istirahat yang cukup selama berolahraga.

Demikian informasi yang disampaikan tentang bahaya terlalu sering olahraga lari semoga dapat bermanfaat bagi pembaca Sportstars.id. (Muhammad Farkhan N.S)

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2559 seconds [13]