F1 | Detail

Ini Alasan Hamilton Terlambat Pakai Ban Slick di F1 GP Turki

Tim Sportstars
Selasa, 12 Oktober 2021, 12:05 WIB
Ini Alasan Hamilton Terlambat Pakai Ban Slick di F1 GP Turki
Ternyata Lewis Hamilton memiliki alasan tersendiri mengapa ia terlambat memakai ban slick di F1 GP Turki 2021 (Foto: Twitter/@MercedesAMGF1)

ISTANBUL - Ternyata Lewis Hamilton memiliki alasan tersendiri mengapa ia terlambat memakai ban slick saat balapan menyisakan beberapa lap pada F1 GP Turki 2021 di Istanbul pada Minggu (10/10/2021). Hamilton sendiri menyudahi balapan dengan finis pada posisi kelima.

Setelah mencatat waktu tercepat di kualifikasi, Hamilton harus memulai balapan dari posisi ke-11 setelah terkena penalti akibat melakukan pergantian mesin. Namun penalti tersebut malah membuatnya makin agresif dan sempat berada di posisi ke-3.

Dengan kondisi trek yang basah, para pembalap Formula 1 termasuk Hamilton memulai balapan menggunakan ban intermediate. Namun, setelah trek mulai mengering, pembalap berkebangsaan Inggris itu tak langsung memasuki pit stop di awal balapan guna beralih menggunakan ban slick. 

Hamilton pun cukup menyayangkan keputusan tim Mercedes yag baru memintanya masuk pit stop untuk mengganti ban dengan ban slick. Sekitar tujuh lap terakhir, baru Hamilton disuruh tim Mercedes ke pit stop untuk pakai ban slick tapi semua terlambat dan membuatnya hanya finis di posisi ke-5. 

Di sisi lain, rivalnya dalam klasemen, Max Verstappen berhasil finis di posisi ke-2 dan rekan setim, Valtteri Bottas berhasil merajai GP Turki 2021. Peraih 7 gelar dunia F1, Hamilton pun menjelaskan kenapa dirinya telat pakai ban slick.

Menurutnya, timnya memiliki dua skenario, yakni menyelesaikan balapan tanpa henti atau berhenti secara signifikan lebih awal. Menurutnya, dia dan tim seharusnya bisa memutuskan untuk memasuki pit stop lebih awal ketika berusaha mengejar Perez. 

Sayangnya, baik Hamilton maupun tim tak tahu lintasan tersebut akan mengering atau tidak. Alhasil keputusan terlambat menggunakan ban slick membuat Hamilton jadi sangat dirugikan.

“Faktanya trek mengering dan kami tidak tahu apakah akan kering atau tidak,” ucap Hamilton. (Zahran Fathin Syafaatullah)

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2132 seconds [13]