logo
MotoGP | Detail

Ini Alasan CEO Dorna Ingin Gelar MotoGP di India

Tim Sportstars
Rabu, 21 September 2022, 23:00 WIB
Ini Alasan CEO Dorna Ingin Gelar MotoGP di India
CEO Dorna Sports (pemegang hak komersial MotoGP), Carmelo Ezpeleta) berjalan di paddock MotoGP jelang seri Austria (Foto: MotoGP)

NEW DELHI – India dikabarkan akan menjadi salah satu negara untuk bisa melangsungkan ajang balap paling bergengsi di dunia, MotoGP. Rencananya ajag ini akan digelar di Sirkuit Internasional Buddha (BIC) pada musim depan.

Sirkuit Internasional Buddha terletak di Greater Noida, 50 km dari ibu kota India, New Delhi. Sirkuit ini sendiri dirancang oleh salah satu Arsitek berpaspor Jerman, Hermann Tilke. Trek tersebut memiliki panjang lintasan 5.125 km.

Sirkuit Internasional Buddha memang sengaja dibangun untuk menjadi tuan rumah ajang balap internasional. Sebab, sirkuit tersebut telah didesain seaman mungkin dengan tujuan mengurangi risiko kontak antara kendaraan di lintasan dengan penonton yang memenuhi area tribun.

Sebenarnya India sendiri pernah menjadi tuan rumah F1 pada tahun 2011 silam namun terhenti karena ada masalah bea cukai. Berselang dua tahun kemudian, Anak Benua -julukan India- kembali melangsungkan kompetisi balap, Red Bull-Renault pada tahun 2013.

Kemudian, India juga sempat mengajukan diri menjadi tuan rumah di Kejuaraan Dunia Superbike 2014. Namun sayangnya, izin bea cukai menjadi penghalang bagi masyarakat India untuk dapat menyaksikan ajang balap yang mengikutsertakan beberapa tim dari belahan dunia itu.

Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, lalu angkat bicara. Dirinya mengungkapkan bahwa pada saat itu, izin bea cukai menghambat India untuk menggelar Kejuaraan Dunia Superbike yang direncanakan start pada 17 November 2014.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1745 seconds [13]