logo
Balap Lainnya | Detail

Ini Alasan Ancol Dipilih Sebagai Tuan Rumah Formula E

Fitradian Dhimas Kurniawan
Rabu, 22 Desember 2021, 13:58 WIB
Ini Alasan Ancol Dipilih Sebagai Tuan Rumah Formula E
Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Sahroni (tengah), berbicara dalam konferensi pers (Foto: MNC Portal Indonesia/Fitradian Dhimas)

JAKARTA – Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni mengatakan pihaknya memiliki beberapa alasan mengenai pemilihan Ancol sebagai tuan rumah dari Formula E 2022 mendatang. 

Sahroni menganggap Ancol menjadi pilihan yang tepat karena beberapa alasan. Salah satunya karena tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat, ketika balapan dimulai.

Formula E Jakarta 2022 resmi akan berlangsung di Sirkuit Internasional Ancol pada 4 Juni 2022. Sebelumnya, FE Jakarta sempat berencana untuk dilangsungkan di kawasan Monumen Nasional. 

Tetapi, rencana tersebut ditolak, karena berbagai macam alasan yang beredar. Oleh sebab itu, pihak penyelenggara langsung mencari tempat yang cocok sebagai pengganti. Berbagai aspek pun dipertimbangkan dalam pemilihan tersebut.

Sebenarnya ada lima kandidat tempat pengganti. Antara lain Gelora Bung Karno (GBK), Sudirman-Thamrin, Pantai Indah Kapuk (PIK), Kemayoran dan Ancol.

“Pertama, Ancol adalah tempat yang dinamis dan ikonnya Jakarta, serta tempat tidak mengganggu prasarana masyarakat yang lain. Tertutup untuk pelaksanaannya yang satu hari pada saat 4 Juni 2022,” kata Sahroni saat konferensi pers di Ancol, Rabu (22/12/2022).

Selain itu, pihak tuan rumah juga tidak perlu membangun lintasan yang didedikasikan untuk FE. Maklum, balapm mobil listrik ini sejak awal memang menggunakan konsep sirkuit jalan raya.

“Tidak perlu lagi membangun sirkuit dari nol, karena FE sendiri berbeda dengan F1, yang harus dibangun seperti Sirkuit Mandalika. FE menggunakan areal jalan raya yang telah disetujui oleh FIA dan FEO,” ujarnya.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1599 seconds [13]