logo
MotoGP | Detail

Ini 5 Perbedaan Utama Antara MotoGP dan World Superbike

Rifqi Herjoko
Selasa, 09 November 2021, 14:17 WIB
Ini 5 Perbedaan Utama Antara MotoGP dan World Superbike
5 Perbedaan utama MotoGP dan World SuperBike (WSBK) (Foto: Istimewa)

LOMBOK – Penggemar balap motor di Indonesia tengah sumringah beberapa waktu terakhir. Pasalnya, dua ajang balap motor bergengsi dunia, MotoGP dan World Superbike (WSBK), akan digelar di sirkuit Mandalika Lombok dalam waktu dekat.

GP seri ke-13 dari WSBK dilangsungkan di Sirkuit Mandalika 19-21 November mendatang. Sementara itu, MotoGP Indonesia akan digelar pada Maret 2022 mendatang. 

Sekilas kedua balapan itu nampak sama, tetapi kedua ajang tersebut ternyata memiliki sejumlah perbedaan. Lantas, apa saja bedanya MotoGP dan WSBK? Simak ulasan Sportstars.id berikut ini.

1. Musim Balapan

tampak pembelap sebelum menjalani balapan sedang mengikuti aturan pole position dalam MotoGP.
tampak pembelap sebelum menjalani balapan sedang mengikuti aturan pole position dalam MotoGP.

Dilansir dari laman Red Bull, musim balapan MotoGP jauh lebih lama dari WSBK. MotoGP terdiri dari 19 putaran internasional yang berlangsung dari awal Maret hingga akhir November.

Di sisi lain, kalender Kejuaraan Dunia Superbike hanya memiliki 13 putaran internasional. Balapan itu berlangsung dari pertengahan Februari hingga akhir Oktober.

2. Tim Balap

Persiapan tim BMW Jelang WSBK 2022 (Foto: Twitter)
Persiapan tim BMW Jelang WSBK 2022 (Foto: Twitter)

Tim pada kedua ajang juga sangat berbeda. Beberapa pabrikan memasukkan tim mereka di kedua ajang, tetapi kita dapat juga melihat beberapa pabrikan yang hanya tampil di ajang tertentu.

Kedua seri memiliki tim dari Honda, Ducati, Yamaha, Aprilia, dan Suzuki. Akan tetapi, hanya WSBK yang memiliki tim BMW dan Kawasaki di line-up mereka. Di sisi lain, hanya MotoGP yang memiliki KTM di grid.

3. Motor

Fabio Quartararo mengeluhkan performa motornya di MotoGP Algarve 2021 (Foto: REUTERS)
Fabio Quartararo mengeluhkan performa motornya di MotoGP Algarve 2021 (Foto: REUTERS)

Sepeda motor yang berlomba di kedua ajang mungkin terlihat mirip. Akan tetapi, kedua motor sejatinya cukup berbeda.

Pada ajang WSBK, sepeda motor yang digunakan merupakan versi yang juga tersedia dan dapat dibeli masyarakat. Dengan kata lain, sepeda motor yang digunakan merupakan ‘sepeda motor produksi’.

Sebaliknya, sepeda motor MotoGP dibuat khusus dan tidak tersedia untuk umum. Sepeda motor tersebut menggunakan bahan berteknologi tinggi dan lebih bertenaga. Hal itu disebabkan tidak adanya batasan pada penyetelan mesin.

Aturan sepeda motor yang diberlakukan di WSBK diyakini bertujuan untuk mempermudah akses bagi tim baru untuk bergabung. Hal itu disebabkan biaya sepeda motor yang secara finansial lebih murah dan modifikasi yang tidak rumit. 

Pada dasarnya, MotoGP bisa dibilang setara dengan Formula 1, sedangkan WSBK cenderung mengarah kepada ajang balap mobil sport.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1743 seconds [13]