logo
Ragam Lainnya | Detail

Ini 3 Nominator Logo PON Aceh-Sumut 2024, Mana yang Jadi Favoritmu?

Rifqi Herjoko
Jum'at, 28 Oktober 2022, 21:01 WIB
Ini 3 Nominator Logo PON Aceh-Sumut 2024, Mana yang Jadi Favoritmu?
Salah satu nominator logo Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 (instagram)

JAKARTA – Berikut tiga nominator logo Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024. Nantinya, salah satu logo akan terpilih untuk dipakai di ajang nanti. Logo mana yang jadi favoritmu?

Baru-baru ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat selaku penyelenggara PON mengumumkan tiga nominator logo dan tagline PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Selain itu, mascot khusus Sumut juga ikut diumumkan.

Nominator logo itu didapatkan dari sayembara logo, maskot, tagline, dan lagu tema PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang dimulai sejak September lalu. Sayembara itu memperebutkan total hadiah Rp120 juta.

Sayembara tersebut terbuka bagi umum. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Aceh mengajak masyarakat Indonesia ikut berkreasi dalam sayembara tersebut.

Logo yang dilombakan harus bisa menggambarkan Aceh dan Sumut. Aceh identik dengan warna merah, putih, dan hitam. Sementara itu, Sumatera Utara identik dengan warna kuning dan hijau. Terdapat tiga nominator logo yang telah diumumkan oleh KONI.

Tiga logo terbaik merupakan karya dari Anto Wibowo, M. Yuniarso, dan Rizki Subkhan Muharam. Karya logo dari Anto terinspirasi dari model Ulos khas Sumut dan Rencong khas Aceh. Logo tersebut memiliki warna merah, kuning, hijau, dan hitam.

Sementara itu, karya Yuniarso terinspirasi dari Stadion Sport Center, Rumah Adat Bolon, dan Tari Saman. Logo tersebut didominasi dengan warna hijau, kuning, dan jingga.

Logo terakhir karya Rizki memiliki bentuk obor. Adapun visualnya menyerupai Rencong dan tongkat tunggal Panaluan khas Sumut. Dari ketiga logo tersebut, logo mana yang menurutmu paling menarik?

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3372 seconds [13]