Hobi | Detail

Ingat, Tak Ada Juventus dan Man United di Football Manager 2022

Wikanto Arungbudoyo
Rabu, 17 November 2021, 14:41 WIB
Ingat, Tak Ada Juventus dan Man United di Football Manager 2022
Nama Juventus tidak ada di FM 22 (Foto: Reuters/Massimo Pinca)

NAMA Juventus dan Manchester United (Man United) dipastikan tidak ada pada gim Football Manager 2022 (FM 22). Bukan karena tidak ada, tetapi kedua klub papan atas Eropa itu memakai nama yang berbeda. 

Juventus sendiri sudah tidak ada sejak FM 20. Nama mereka berganti menjadi Zebre dalam tiga edisi FM terkini. Hal tersebut berkaitan dengan permasalahan kerja sama komersial. Klub papan atas Italia tersebut sudah mengikat kerja sama eksklusif dengan Konami. 

Kesepakatan antara Juventus dengan Konami diteken pada Juli 2019 untuk durasi tiga tahun. Itu berarti, nama Juventus takkan ada di gim apapun selain keluaran perusahaan asal Jepang tersebut. Tidak hanya FM, Juventus juga menghilang dari FIFA. 

Cover Football Manager 2022 (Foto: Situs resmi FM)
Cover Football Manager 2022 (Foto: Situs resmi FM)

Itulah mengapa hanya Juventus saja yang namanya berbeda di antara klub peserta Serie A. Bahkan, logo klub pun disamarkan menjadi hanya perisai hitam dan putih. Memang, Zebre masih cukup dekat dengan Juventus yang juga dijuluki si Zebra. 

Walau nama dan logo klub disamarkan, jeroan seperti pelatih hingga pemain tetap sama seperti di dunia nyata. Penggemar Juventus tak perlu khawatir bila ingin memainkan klub kesayangannya di FM. 

Apa yang terjadi pada Juventus juga menimpa Man United. Bedanya, Sports Interactive (SI) –pengembang gim FM- memang tidak menjalin kontrak apapun untuk memegang lisensi Liga Inggris. Praktis, mereka hanya bekerja sama dengan Watford saja di Premier League. 

Nama Watford, lengkap dengan logo klub, tertera di gim FM keluaran terbaru. Berbeda dengan Man United yang namanya disamarkan jadi Man UFC. Mengapa demikian?

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.6298 seconds [12]