logo
Ragam Lainnya | Detail

Induk Organisasi Softball Nasional dan Internasional

Tim Sportstars
Kamis, 05 Januari 2023, 18:36 WIB
Induk Organisasi Softball Nasional dan Internasional
Jakarta Softball Tournament (Istimewa)

JAKARTA - Induk organisasi softball nasional dan internasional adalah ISF (International Softball Federations) dan Perbasasi (Perserikatan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia). Softball merupakan cabang olahraga permainan tim yang berkembang dan populer di negara-negara benua Amerika, Asia Pasifik, dan Oseania, Indonesia salah satunya. 

Olahraga asli Amerika Serikat ini mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 1960-an. Tidak ada sejarah yang pasti mengenai olahraga ini, namun yang pasti olahraga ini berawal dari permainan rakyat yang dikembangkan dan dibuat standarisasi dengan dibuatnya induk-induk olahraga dan peraturan dasar dalam permainan. 

Perserikatan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi)

Perbasasi atau Perserikatan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia pada tahun 1967. Dikutip dari buku Softball dan Baseball (Teori dan Praktik) 2019, karya Dr. Anggi Setia Lengkana, M.Pd dan Rana Gustian Nugraha, M.Pd, perkembangan permainan softball di Indonesia telah dimulai sebelum perang kemerdekaan yang sifatnya masih terbatas pada lingkungan tertentu. 

Awalnya permainan ini dianggap sebagai permainan yang pantas dimainkan oleh anak-anak golongan wanita saja. Permainan ini berlangsung hingga tahun 1966 dan pada saat itu pertandingan yang diadakan hanya diikuti oleh putri saja. 

Namun, pada ajang Asian Games di Bangkok, Desember 1966, permainan softball tidak hanya dimainkan oleh regu putri saja tetapi juga putra. Saat itulah putra-putri Indonesia mulai menggemari permainan softball.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1803 seconds [12]