Ragam Lainnya | Detail

Induk Organisasi Renang Dunia Adalah FINA

Wikku D. Nugroho
Selasa, 14 Juni 2022, 23:52 WIB
Induk Organisasi Renang Dunia Adalah FINA
Olahraga renang memiliki induk organisasi dunia yaitu FINA (Foto: REUTERS)

JAKARTA-Induk organisasi renang dunia adalah FINA ternyata masih jarang diketahui para netizen pecinta olahraga renang. Sementara renang merupakan salah satu olahraga yang populer di tengah kehidupan masyarakat. 

Olahraga satu ini disukai berbagai kalangan umur, baik muda maupun tua. Renang juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bahkan baik untuk para penderita asma. 

Seperti cabang olahraga lain, renang juga memiliki badan atau induk organisasi. FINA atau singkatan dari Fédération Internationale de Natation merupakan organisasi yang menaungi seluruh atlet cabang olahraga renang di seluruh dunia. 

Berikut Sportstars akan tampilkan informasi Induk organisasi renang dunia adalah FINA terdiri dari sejarah terbentuk dan tujuan organisasi FINA. 

Induk Organisasi Renang Dunia Adalah FINA

Sejarah Terbentuknya FINA

FINA dibentuk di London, Inggris, pada tanggal 19 Juli 1908. Induk organisasi renang dunia ini dibentuk usai gelaran Olimpiade London 1908. 

Beberapa negara menjadi pelopor terbentuknya FINA antara lain, Denmark, Belgia, Prancis, Finlandia, Jerman, Inggris Raya, Swedia, Hungaria dan Finlandia. 

Tugas FINA

  1. Mempromosikan olahraga renang kepada masyarakat luas.
  2. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. 
  3. Mengorganisir kejuaraan dunia dan kompetisi FINA lainnya. 
  4. Menyusun peraturan cabang olahraga renang lainnya seperti renang, polo air, renang indah, senam dan renang perairan terbuka.
  5. Mengawasi setiap kompetisi renang agar dilakukan secara sportif dan bebas dari penggunaan narkoba. 
  6. Menguatkan kerjasama Federasi Anggota Nasional FINA di negara berbagai benua. 
  7. Mendorong masyarakat luas agar memahami pentingnya olahraga melalui olahraga renang. 

Organisasi Renang di Indonesia

Organisasi renang di Indonesia bernama PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia. PRSI didirikan pada tanggal 21 Maret 1951. Prof. dr. Poorwo Soedarmo menjadi ketua pertama PRSI. 

Sebelum terbentuknya PRSI, organisasi renang daerah pernah didirikan antara lain Bandungse Zwembond, West Java Zwembond, Nederland Indische Zwembond, East Java Zwembond. Organisasi itu dibentuk pada tahun 1920 an. 

Peran PRSI

Sama seperti FINA, PRSI juga memiliki peran yang sama dalam olahraga renang di Indonesia. PRSI bertanggung jawab atas kejuaraan renang di seluruh Indonesia seperti Polo Air, Renang, loncat indah dan renang perairan terbuka. 

Demikian ulasan soal induk organisasi renang dunia adalah FINA. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pembaca setia Sportstars mengenai olahraga renang. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1418 seconds [13]