logo
Ragam Lainnya | Detail

Induk Organisasi Pencak Silat di Indonesia adalah IPSI, Begini Sejarah dan Perkembangannya

Tim Sportstars
Kamis, 08 September 2022, 18:41 WIB
Induk Organisasi Pencak Silat di Indonesia adalah IPSI, Begini Sejarah dan Perkembangannya
Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) yang berdiri di Surakarta, Jawa Tengah, pada 1948. (Foto: Youtube Garuda Naga)

JAKARTA – Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Pencak silat merupakan olahraga bela diri tradisional Indonesia yang terkenal hingga mancanegara.  

Pencak silat membentuk ilmu pertahanan diri serta batin. Bila ilmu tersebut digabungkan akan membentuk karakter yang baik serta tidak menggunakan ilmu bela diri ke hal yang negatif.

Pencak silat di Indonesia sudah ada sejak dahulu. Menurut sejarah, pencak silat berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat dan Cimande, Jawa Barat, lalu mulai berkembang  ke wilayah kepulauan Nusantara lainnya. Hingga pada akhirnya IPSI mulai terbentuk pada tahun 1948.

Sejarah Pencak Silat Indonesia

Cara melakukan pukulan dalam pencak silat perlu dipelajari buat para calon atlet. (Foto: Pixabay)
pencak silat bermula saat  nenek moyang berupaya untuk melindungi diri dari serangan luar. (Foto: Pixabay)

Dahulu kala gerakan pencak silat bermula saat  nenek moyang berupaya untuk melindungi diri dari serangan luar. Gerakan silat identik dengan gerakan binatang, seperti harimau, ular dan burung. Sehingga ada beberapa jurus gerakan pencak silat menyerupai binatang.

Pada masa penjajahan Belanda banyaknya tokoh pendiri perguruan pencak silat untuk mempersatukan aliran pencak silat Nusantara, agar tidak terjadi pecah belah.

Pada 1922 mulai menggabungkan pencak silat di wilayah Jawa barat dengan mendirikan Perhimpunan Pencak Silat Indonesia, di Sagalaherang, Subang Jawa Barat.

Lalu pada 1943 berdiri GAPEMA (Gabungan Pencak Mataram) untuk wilayah Yogyakarta. GAPEMA ditunjuk untuk berjuang dalam perang kemerdekaan Republik Indonesia.

Muncul gagasan untuk mempersatukan pencak silat di Indonesia mendorong terbentuk GAPENSI (Gabungan Pentjak Seluruh Indonesia) pada 1947.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1882 seconds [12]