Basket | Detail

Induk Organisasi Bola Basket Internasional Adalah FIBA, Berikut Penjelasannya

Tim Sportstars
Kamis, 26 Mei 2022, 12:20 WIB
Induk Organisasi Bola Basket Internasional Adalah FIBA, Berikut Penjelasannya
Induk organisasi bola basket internasional adalah Federasi Bola Basket Internasional (FIBA)

JAKARTA-Cabang olahraga bola basket memiliki induk organisasi tingkat internasional yang dikenal sebagai FIBA (Federasi Bola Basket Internasional).

Bola basket merupakan cabor yang paling populer. Dimana setiap timnya berisi 5 anggota yang saling bertanding untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Setiap pertandingan bola basket memiliki peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh FIBA, untuk mengatur setiap federasi bola basket di negara masing-masing.

Lalu bagaimana terbentuknya FIBA dan apa saja fungsi FIBA? Berikut sportstar telah merangkumnya.

Yuk simak organisasi bola basket internasional adalah FIBA

Sejarah Induk Organisasi Bola Basket Internasional Fédération Internationale de Basketball (FIBA) merupakan induk organisasi bola basket yang berdiri sejak 18 Juni 1932. Setiap peraturan, pertandingan, hingga pemainnya diatur oleh Induk organisasi FIBA ini 

Leon Bouffard terpilih menjadi Presiden pertama FIBA (1932-1942). Kemudian saat ini FIBA dipimpin oleh Hamane Niang (2019 - sekarang). 

Pada saat pertandingan pertama bola basket pada Olimpiade Musim Panas 1936 di Berlin, FIBA memilih James Naismith (1861-1939) yang merupakan penemu bola basket sebagai presiden Kehormatan.

Setelah didirikan nya selama dua tahun sejak 18 juni 1932, akhirnya induk organisasi bola basket ini resmi diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Mengutip dari laman resmi FIBA, induk organisasi ini didirikan di Jenewa, Swiss. Meskipun Markas FIBA sempat mengalami perpindahan ke Munich, Jerman. Tetapi, pada 2002, markas FIBA kembali berpindah ke Jenewa, Swiss.

Terdapat delapan federasi bola basket yang menjadi negara pendiri dari induk organisasi bola basket internasional tersebut, yaitu Argentina, Cekoslowakia,Yunani, Italia, Portugal, Latvia, Rumania, dan Swiss.

Hingga saat ini induk organisasi internasional bola basket telah menaungi 213 federasi negara yang menjadi anggota FIBA.

Kemudian membaginya kedalam lima zona sejak 1989 yaitu Afrika, Amerika, Asia Eropa, dan Oseania. Pembagian ini dilakukan untuk merancang kompetisi yang berkaitan dengan Kejuaran Dunia seperti Olimpiade.

Induk organisasi bola basket dunia bertugas untuk menggelar berbagai Kejuaran Dunia Bola Basket. 

Kejuaran Dunia yang diselenggarakan FIBA untuk pria digelar sejak 1950. Sementara Kejuaran Dunia untuk perempuan digelar sejak 1953. (Nathasya Regina Sihombing)

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1370 seconds [13]