logo
Basket | Detail

Induk Organisasi Bola Basket Indonesia adalah PERBASI, Begini Sejarah Terbentuknya

Wikku D. Nugroho
Rabu, 07 September 2022, 13:10 WIB
Induk Organisasi Bola Basket Indonesia adalah PERBASI, Begini Sejarah Terbentuknya
Induk organisasi bola basket Indonesia adalah PERBASI (Foto: Instagram).

JAKARTA-Induk organisasi bola basket Indonesia adalah PERBASI menarik untuk diulas kali ini. PERBASI merupakan singkatan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. 

Olahraga bola basket ini merupakan olahraga terpopuler di dunia. Bola basket selalu dimainkan oleh berbagai kalangan tak terbatas dengan usia dan gender. 

Awalnya, bola basket ini ditemukan oleh Dr. James Naismith pada 1891. Permainan ini menggunakan media lapangan basket, bola basket, dan ring basket. 

Permainannya dimainkan oleh dua regu. Tiap regu memainkan lima orang pemain. Adapun permainan dibagi menjadi dua babak. Masing-masing babak berdurasi 15 menit. 

Lalu bagaimanakah perihal induk organisasi bola basket Indonesia adalah PERBASI? Berikut Sportstars.id akan berikan ulasan lengkapnya!

Emblem Baru PP Perbasi (Foto: Twitter/@INA_Basketball)

Induk Organisasi Bola Basket Indonesia adalah PERBASI

Induk organisasi bola basket Indonesia adalah PERBASI diawali dari sejarah bola basket di Indonesia. Dilansir dari beberapa sumber menyebutkan, jika bola basket masuk awalnya meneyebar dari Amerika Serikat ke negara-negara Asia Timur. 

Adapun bola basket masuk ke negara China pada 1894. Masuk ke Jepang pada 1900 an Filipina pada 1990. Bola basket menjamah Indonesia pada 1920 an. 

Sesaat setelah itu, olahraga bola basket semakin berkembang di kota-kota besar tanah air seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya hingga Yogyakarta. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1702 seconds [13]