logo
Ragam Lainnya | Detail

Induk Organisasi Atletik Indonesia dan Internasional

Wikku D. Nugroho
Kamis, 08 September 2022, 22:22 WIB
Induk Organisasi Atletik Indonesia dan Internasional
Induk Organisasi Atletik Indonesia dan Internasional. (Foto: PON XX 2021)

JAKARTA-Induk organisasi atletik Indonesia dan internasional menarik untuk diulas kali ini. Olahraga atletik menjadi olahraga yang sering dipertandingkan di event-event olahraga nasional dan internasional. 

Perlu diketahui jika olahraga atletik memiliki beberapa cabang diantaranya, lari (Pendek, menengah dan jauh), lompat jauh, lompat tinggi, lempar cakram, lempar lembing dan lompat galah. 

Menurut sejarah, olahraga atletik sudah ada sejak 776 SM. Di tahun tersebut pula diadakan Olimpiade kuno atau The Ancient Olympic Games. Kala itu olahraga yang diperlombakan adalah lari, gulat, tinju dan pacuan kuda. 

Seiring perkembangan zaman, organisasi atletik nasional dan internasional pun dibentuk. Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap induk organisasi atletik Indonesia dan internasional.

 Lari 1.500 Meter Putri Awali Sesi Pagi Cabang Atletik Olimpiade Tokyo 2020

Induk Organisasi Atletik Indonesia dan Internasional

Induk organisasi atletik Indonesia bernama PASI atau Persatuan Atletik Indonesia. PASI dibentuk di Jakarta pada 3 September 1958. Sebelumnya di Indonesia terdapat organisasi atletik bernama NIAU atau Nederlands Indische Athletiek Unie.

Diketahui jika induk organisasi tersebut menjadi badan yang menyelenggarakan lomba-lomba atletik di masa pemerintahan Hindia Belanda. NIAU tak sendirian, disamping itu ada induk organisasi bernama ISSV Hellas, IAC dan Sumatera Athletiek Bond atau SAB.

Atletik pertama kali dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional atau PON tepatnya pada tahun 1948 yang diadakan di Solo, Jawa Tengah. Adapun induk organisasi atletik internasional bernama IAAF atau Amateur Athletic Federation. IAAF dibentuk pada 17 Juli 1912.

Kini IAAF berganti nama menjadi World Athletics. Sebelum federasi atletik dunia terbentuk, ternyata Olimpiade modern pertama sudah digelar pada tahun 1896. Beberapa tahun kemudian, tepatnya di tahun 1992 digelarlah kongres untuk membentuk federasi atletik dunia. 

Sejak saat itulah Olimpiade rutin digelar setiap empat tahun sekali. Olimpiade kini sudah mempertandingkan cabang-cabang olahraga atletik. Dalam Olimpiade Tokyo 2020 kemarin juga mempertandingkan cabang olahraga atletik semisal lari, steplecheese, lompat tinggi, lompat jauh dan lain-lain. 

Demikian ulasan dari Sportstars.id mengenai induk organisasi atletik Indonesia dan internasional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.  

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1593 seconds [13]