logo
Ragam Lainnya | Detail

Induk Organisasi Atletik di Indonesia Adalah PASI

Tim Sportstars
Jum'at, 07 Oktober 2022, 15:50 WIB
 Induk Organisasi Atletik di Indonesia Adalah PASI
Lari Halang Rintang: Pengertian, Teknik Dasar, Hingga Manfaat. (Foto: The Bridge)

JAKARTA  - Induk organisasi atletik di Indonesia adalah PASI. Secara organisasi, PASI berada di bawah Induk organisasi atletik dunia yaitu World Athletics yang berdiri pada 1912. Cabang olahraga atletik merupakan cabang olahraga tertua yang ada di dunia.

Atletik mendapat julukan sebagai induk dari semua atau segala cabang olahraga di dunia.  Dalam cabang olahraga atletik terdiri dari macam-macam olahraga diantaranya adalah olahraga jalan, olahraga lari, olahraga lompat, dan olahraga lempar. 

Atletik sendiri pertama kali diperlombakan pada sekitar tahun 776 SM (Sebelum Masehi). Pada tahun 394 M olahraga atletik sempat dilarang pada masa kekuasaan Theodosius. Hal ini dikarenakan menurutnya olahraga atletik adalah kegiatan menyembah berhala. 

Sejarah Induk Organisasi Atletik di Indonesia 

PASI merupakan singkatan dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia. Induk organisasi tersebut sudah ada di Indonesia sejak tahun 1917. Namun saat itu PASI masih berada di era Hindia Belanda. Sehingga namanya pun Nederlands Indische Athletiek Unie yang disingkat menjadi NIAU pada saat itu.

Perkembangan olahraga atletik melonjak pesat pada era penjajahan jepang hingga era pra-kemerdekaan pada 1942 hingga 1945. Seiring berjalannya waktu setelah Indonesia merdeka tepatnya pada tanggal  3 September 1950 PASI pun lahir. Menurut situs resmi PASI, organisasi ini terbentuk di Kota Semarang pada 3 September 1950.

Logo PASI

Setelah terbentuknya PASI kejuaraan atletik tingkat nasional pertama kali diadakan diadakan di tahun 1950. Kejuaran tersebut pun kemudian berlanjut di tiap tahunnya. Hingga kini PASI masih menjadi induk dari seluruh cabang olahraga atletik dan menaungi atlet dari cabang tersebut.

PASI memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan prestasi atletik Indonesia, baik di ajang nasional maupun internasional. Bukan hanya menaungi atlet yang sudah profesional saja, PASI juga berperan aktif dalam mencari atlet-atlet baru di Indonesia yang memiliki potensi bakat dalam olahraga atletik.

Langkah itu mulai agresif dilakukan di era kepemimpinan Bob Hasan pada periode 2008-2012. Bob membentuk sebuah komisi baru yaitu Komisi Pembinaan Yunior dan Remaja yang bertugas mempersiapkan secara berkesinambungan regenerasi atlet atletik Indonesia. Alasannya, penyebab terlambatnya regenerasi adalah kurang fokusnya pembinaan di tingkat remaja dan yunior.

Peride tahun ini, PASI sekarang ini dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua umum. Itulah tadi ulasan mengenai induk organisasi atletik di Indonesia adalah PASI. Semoga bermanfaat. (Antar Dua Afghani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1776 seconds [13]