logo
Ragam Lainnya | Detail

Indonesia Pede Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Erick Thohir: Berkaca Kesuksesan Asian Games 2018

Cikal Bintang Raissatria
Kamis, 17 November 2022, 04:31 WIB
Indonesia Pede Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Erick Thohir: Berkaca Kesuksesan Asian Games 2018
Menpora, Menteri BUMN, dan Presiden IOC Thomas Bach (Foto: NOC Indonesia)

BALI – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 berkaca dari kesuksesan Asian Games 2018. Merujuk kesuksesan ajang itu, Olimpiade juga bisa memberi keuntungan tersendiri bagi Indonesia.

Seperti diketahui, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Presiden Jokowi mengatakan, Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi tempat berlangsungnya turnamen olahraga multi-ajang itu.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi di Presidensi G20 2022, yang juga dihadiri oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, Rabu (16/11/2022). Bach pun menyambut niat baik Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Bach pun menyambut niat baik tersebut dengan melangsungkan Konferensi Pers G20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022) yang ditayangkan melalui YouTube resmi Kemenkominfo RI. Acara itu juga dihadiri oleh Erick dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainuddin Amali.

Erick mengatakan, Indonesia tidak semata-mata mencari keuntungan secara ekonomi dengan menjadi tuan rumah Olimpiade. Berkaca dari Asian Games 2018, Erick menjelaskan ada keuntungan tersendiri bagi Indonesia andai menjadi tuan rumah Olimpiade.

“Jika tidak ada (Asian Games 2018), jangan mengira kita bisa membangun banyak ruang publik di Jakarta. Sebelum Asian Games, banyak orang bertanya mengapa kita banyak menghabiskan uang untuk membangun infrastruktur olahraga. Pada kenyataannya, bangunan-bangunan itu sekarang juga berguna untuk semua orang,” ujar Erick dalam konferensi pers itu, Rabu (16/11/2022).

“Saya pikir pengalaman selama Asian Games menjadi kunci keberhasilan kita melawan Covid-19. Berhasil karena ada fasilitas (Asian Games), kita mempunyai rumah sakit, dan mempunyai banyak kamar untuk menampung (para pasien),” sambungnya.

Lebih jauh, Menteri berusia 52 tahun itu meyakini pembangunan infrastruktur untuk Olimpiade 2036 juga akan berguna di masa depan. Menurutnya, ini akan menjadi inovasi besar mengingat IKN juga merupakan kota yang baru.

“Menurut saya, ketika kita membangun infrastruktur olahraga di IKN untuk Olimpiade, ini akan menjadi sangat penting untuk Indonesia,” pungkasnya.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1984 seconds [12]