Basket | Detail

IBL 2022 Berpotensi Hadirkan Penonton, Menpora: Sangat Mungkin, karena Sistemnya Bubble

Basudiwa Supraja
Kamis, 18 November 2021, 16:25 WIB
IBL 2022 Berpotensi Hadirkan Penonton, Menpora: Sangat Mungkin, karena Sistemnya Bubble
Pelita Jaya keluar sebagai juara di IBL 2021 (Foto: Media IBL)

JAKARTA- Liga Basket Indonesia (IBL) berpotensi untuk menghadirkan penonton saat pertandingan. Hal itu dikonfirmasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dalam konferensi pers terkait perkembangan olahraga di Indonesia pada Kamis (18/11/2021).

“IBL akan sangat memungkinkan menghadirkan penonton karena sistemnya adalah bubble. Penerapannya juga akan sangat ketat dn selektif seperti vaksin, dan antigen,” jelas Amali kepada media pada Kamis (18/11/2021).

IBL telah mengajukan rencana untuk menghadirkan penonton ke dalam stadion pada laga di Januari mendatang. Rencananya, venue Hall A Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, akan digunakan dalam seri pembuka IBL 2022 pada pekan kedua Januari mendatang.

Penerapan kehadirn penonton itu tentu harus sesuai dengan protokol kesehatan. Salah satunya seperti krusi stadion yang single seat dan kapasitas yang hanya dibatasi sebanyak 25 persen saja.

Menurut Amali, kehadiran penonton di stadion dalam laga basket itu tidak ada masalah lantaran ia yakin hal itu dapat terkoordinasi dengan baik. Amali juga menilai bahwa sistem bubble yang diterapkan akan menyeleksi dengan ketat sirkulasi penonton yang datang.

Saat ini sistem bubble tersebut juga sedang diterapkan dalam laga kejuaraan bulu tangkis di Nusa Dua, Bali. Akan tetapi ajang tersebut masih belum menghadirkan penonton untuk datang ke lokasi.

Berbeda kasus jika perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang tentu tidak dapat dikendalikan sama halnya saat di stadion. Dia membandingkan penerapan IBL dan Nataru yang dalam hal ini berbeda penerapannya.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2503 seconds [12]