logo
Bola Lainnya | Detail

Ibarat Murid Kalahkan Guru, Ada 8 Pemain Timnas Jepang yang Menimba Ilmu di Jerman

Basudiwa Supraja
Kamis, 24 November 2022, 08:02 WIB
Ibarat Murid Kalahkan Guru, Ada 8 Pemain Timnas Jepang yang Menimba Ilmu di Jerman
Pemain Timnas Jepang banyak berkarier di Liga Jerman (Foto: Reuters)

KEMENANGAN Jepang atas Jerman ibarat murid mengalahkan sang guru. Pasalnya, dua pencetak gol Jepang termasuk dari delapan pemain yang saat ini tengah berkarier di Liga Jerman Bundesliga.

Kedua pemain tersebut adalah Ritsu Doan dan Takuma Asano. Saat ini mereka bermain di kasta tertinggi Liga Jerman, Bundesliga. Doan bermain sebagai winger di SC Freiburg sedangkan Asano merupakan striker milik Vfl Bochum. 

Perlu diketahui, nasib Freiburg dan Bochum saat ini berbanding terbalik. Freiburg menempati peringkat kedua tertinggi klasemen Bundesliga musim ini setelah Bayern Munchen. Sementara Bochum justru tersungkur di posisi dua terbawah klasemen.

Meski demikian, ilmu yang didapat keduanya di Jerman itu tidak sia-sia. Menurut data Transfermarkt, Doan telah tampil 23 kali bersama Freiburg sedangkan Asano delapan kali bermain untuk Bochum di semua kompetisi musim ini.

Termasuk Doan dan Asano, delapan pemain Jepang yang berkarier di Jerman lainnya ada sang kapten Maya Yoshida (Schalke 04), Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Hiroki Ito (VfB Stuttgart), Wataru Endo (VfB Stuttgart), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), dan Ao Tanaka (Fortuna Düsseldorf). 

Sebagian besar dari mereka menjadi andalan di Timnas Jepang yang mampu mempermalukan Jerman. Seperti diketahui, Samurai Biru-julukan Jepang- mampu menang comeback 2-1 melalui gol Ritsu Doan dan Takuma Asano di menit ke-75 dan 83, Rabu (23/11/2022). 

Hasil laga tersebut tentu menjadi kejutan kedua di Piala Dunia 2022 usai kemenangan Arab Saudi atas Argentina pada Selasa (22/11/2022) dengan skor yang sama. Saat ini, Jepang berhasil duduk di peringkat kedua klasemen grup E setelah Spanyol. Sedangkan Arab Saudi di puncak klasemen grup C.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1740 seconds [13]