MotoGP | Detail

Honda Kesulitan Mengembangkan Motor Tanpa Marc Marquez

Quadiliba Al-Farabi
Jum'at, 14 Januari 2022, 00:32 WIB
Honda Kesulitan Mengembangkan Motor Tanpa Marc Marquez
Marc Marquez mengendarai Honda RC213V pada tes tertutup di Barcelona (Foto: Honda Racing Corporation)

BARCELONA - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, mengakui tidak mudah mengembangkan motor Honda RC213V jelang bergulirnya MotoGP 2022. Apalagi, pabrikan berlogo sayap itu terancam tanpa Marc Marquez pada dua Tes Pramusim MotoGP 2022 yang dilakukan Februari mendatang. 

Seperti diketahui, Marquez masih belum pasti tampil pada Tes Pramusim MotoGP 2022. Sebab, perkembangan gangguan penghilatan yang dialaminya, masih menjadi misteri. Ketidakhadiran The Baby Alien berpotensi melemahkan Honda yang dua musim terakhir kalah telak. 

Cederanya Marquez sejak 2020 menyebabkan Honda kesulitan mengembangkan motor. Walau tampil dengan motor RC213V terbaru pada MotoGP 2020 dan 2021, Honda tak bisa melakukan pengembangan seperti biasanya. 

Marc Marquez melaju dengan motor Honda RC213V prototipe 2022 di Misano (Foto: MotoGP)
Marc Marquez melaju dengan motor Honda RC213V prototipe 2022 di Misano (Foto: MotoGP)

Sebab, hanya Marquez yang berhasil mengeksploitasi RC213V. Sementara itu, pendatang baru Pol Espargaro masih belum berada di level terbaiknya. Dua penunggang Honda lain, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami, sulit diharapkan berkaca pada hasil selama kualifikasi serta balapan. 

“Meningkatkan performa motor tidak mudah hari ini. Apa yang dibutuhkan adalah langkah-langkah yang sangat kecil di berbagai bidang. Namun langkah-langkah ini terkadang memakan waktu lama," papar Puig, mengutip dari Paddock GP, Jumat (14/1/2022). 

"Mereka sederhana, sangat sulit untuk diterapkan. Dan manfaat yang mereka bawa tidak besar. Adapun kami telah menganalisis kelemahan kami dan tentu saja kami akan bekerja untuk memperbaikinya," tambahnya. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1151 seconds [13]