MotoGP | Detail

Honda dan Yamaha Dituding Contek Teknologi Milik Aprilia

Andika Rachmansyah
Rabu, 29 Desember 2021, 23:31 WIB
Honda dan Yamaha Dituding Contek Teknologi Milik Aprilia
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (Foto: Instagram @aprilia)

AMSTERDAM – Mantan Teknisi Aprilia, Jan Witteveen, mengklaim bahwa dua pabrikan asal Jepang yaitu Yamaha dan Honda mencoba mencontek teknologi milik Aprilia. Pasalnya tim pabrikan asal Italia itu mulai bersinar pada MotoGP 2021.

Witteveen yang pernah menjadi bagian dari Aprilia menyebut kalau saat ini teknologi yang dimiliki oleh Aprilia mengalami peningkatan. Dirinya menyebut bahwa Yamaha dan Honda ingin meniru teknologi mereka saat ini. Namun, dia menyebut kalau tim pabrikan asal Jepang itu tidak bisa menirunya dengan baik.

“Kami sampai pada titik di mana orang Jepang tertarik dengan teknologi kami. Yamaha dan Honda mencoba meniru Aprilia,” kata Witteveen, dikutip dari Motosan, Rabu (29/12/2021).

“Tetapi tak satupun dari mereka benar-benar bekerja dengan baik, karena pabrikan Jepang melakukan apa yang mereka inginkan, yaitu meniru,” ungkapnya.

“Ketika anda meniru karya orang lain, anda harus  memiliki keahlian sangat baik jika ingin mendapat hasil yang sama dengan yang ingin anda tiru,” pungkasnya.

Performa Aprilia pada MotoGP 2021 memang tidak bisa dibilang jelek-jelek amat. Meski mereka mengakhiri peringkat bontot di klasemen konstruktor, akan tetapi pembalapnya yaitu Aleix Espargaro dan Maverick Vinales berhasil tembus 10 besar di klasemen musim ini.

Espargaro menutup musim MotoGP 2021 dengan bertengger di urutan kedelapan dengan koleksi 120 poin dan sukses raih satu podium. Sementara Vinales yang datang di pertengahan musim berada di peringkat 10.

Jadi bisa dibilang performa tim pabrikan asal Italia itu mulai menunjukan tajinya. Performa mereka pun juga cukup konsisten. Sebagai tim dari benua Eropa, terbukti mereka mampu bersaing dengan tim asal Asia seperti Yamaha dan Honda.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1157 seconds [13]