logo
F1 | Detail

Hobi Ngomel, Tsunoda Siap Perbaiki Komunikasi via Radio Tim

Wikanto Arungbudoyo
Rabu, 30 Juni 2021, 23:32 WIB
Hobi <i>Ngomel</i>, Tsunoda Siap Perbaiki Komunikasi via Radio Tim
Pembalap Scuderia AlphaTauri, Yuki Tsunoda, berbincang dengan teknisinya jelang balapan F1 GP Styria 2021 (Foto: Twitter/@AlphaTauriF1)

SPIELBERG – Pembalap Scuderia AlphaTauri, Yuki Tsunoda, berjanji untuk memperbaiki komunikasinya lewat radio tim. Sebab, permasalah komunikasi membuat dirinya gagal mencapai hasil terbaik pada balapan F1 GP Styria 2021 pekan lalu. 

Sejak debut di F1 2021, Tsunoda dikenal hobi marah-marah kepada race engineer-nya via radio tim. Pembalap asal Jepang itu berulang kali mengeluh soal kondisi di trek, atau tidak sepakat dengan perintah tim. 

Sikap keras kepala itu membuatnya gagal mencetak lebih banyak poin pada balapan F1 GP Styria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pekan lalu. Tsunoda hanya mampu mengakhiri lomba di posisi 10 dan meraup satu poin. 

Dia mengakui, terjadi kesalahpahaman dengan teknisi saat berkomunikasi via radio tim. Hal itu perlu diperbaiki menjelang balapan F1 GP Austria 2021 di sirkuit yang sama akhir pekan ini. 

“Sejujurnya, kami punya potensi finis posisi delapan atau sembilan. Namun, kami harus menganalisa lagi datanya bersama tim. Kami juga salah paham dalam beberapa hal saat berbicara di radio dan terbukti hasilnya tidak bagus,” terang Tsunoda, dinukil dari laman resmi F1, Rabu (30/6/2021). 

“Kami harus membahas soal komunikasi karena sejujurnya, laju saya ketika itu bukan yang seharusnya. Saya berpikir harus lebih menjaga ban, tetapi engineer bilang saya harus melaju lebih cepat. Kami bahkan sempat adu argumen di radio,” imbuh pembalap berusia 21 tahun itu. 

Dari sisi performa, Tsunoda ingin meningkatkan penampilannya saat babak kualifikasi. Dengan menyelesaikan kualifikasi dalam posisi lebih baik, tentu peluang memetik poin saat balapan terbuka lebih lebar. 

“Kami harus terus memperbaiki (performa). Mobil punya potensi dan kecepatannya cukup bagus. Jadi, kami harus mengombinasikannya untuk babak kualifikasi,” tukas Tsunoda. 

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1709 seconds [13]